Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Telah Terima 8,38 Juta Dosis Vaksin Jadi, Ini Datanya

Pemerintah Indonesia telah mendatangkan 65,5 juta bahan baku vaksin dan sekitar 8,38 juta dosis vaksin Covid-19 dalam bentuk jadi hingga Jumat (30/4/2021).
Vial vaksin Covid-19./Antara
Vial vaksin Covid-19./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Hingga saat ini total sebanyak 8.382.400 dosis vaksin Covid-19 dalam bentuk jadi (vial) telah diterima Indonesia dari sejumlah produsen dunia.

Dalam catatan Bisnis, total sekitar 8,38 juta dosis vaksin yang diterima Indonesia ini didatangkan dalam beberapa tahapan. Perinciannya, 3 juta dosis dari Sinovac didatangkan ke Tanah Air pada Desember 2020.

Kemudian, 4,95 juta dosis vaksin AstraZeneca tiba pada 8 dan 26 April 2021, dan 482.400 dosis vaksin Sinopharm yang hari ini tiba, Jumat (30/4/2021).

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan bahwa kedatangan vaksin pada hari ini merupakan bentuk konsistensi Pemerintah dalam mengamankan pasokan vaksin secara bertahap di dalam negeri, di tengah situasi di mana negara-negara di dunia berlomba-lomba untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

“Vaksinasi nasional adalah salah satu upaya kita dalam mencari atau mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity,” kata Johnny dalam konferensi pers, Jumat (30/4/2021).

Meski program vaksinasi telah dilakukan, tetapi pemerintah memastikan akan terus melakukan 3T yaitu testing, tracing, treatment.

Dia pun mengimbau masyarakat untuk terus melaksanakan secara disiplin protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan agar upaya penanganan Covid-19 lebih optimal.

Adapun, selain vaksin dalam bentuk jadi, pemerintah juga telah mendatangkan vaksin dalam bentuk bahan baku atau bulk dengan total 65,5 juta vaksin.

Bahan baku vaksin tersebut kemudian diolah kembali di Bio Farma sebelum diedarkan ke seluruh wilayah Indonesia dan akhirnya disuntikkan kepada masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper