Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Presiden Taiwan Temui Delegasi Tak Resmi AS, Ada Apa?

Tsai mengadakan pembicaraan dengan delegasi tersebut di kantor kepresidenan pada Kamis (15/04/2021). Pertemuan itu dilakukan di tengah meningkatnya aktivitas militer China di sekitar Taiwan.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 15 April 2021  |  23:35 WIB
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen berbicara saat latihan militer Han Kuang  - Reuters
Presiden Taiwan Tsai Ing-wen berbicara saat latihan militer Han Kuang - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Taiwan Tsai Ing-wen diketahui telah mengadakan pertemuan dengan delegasi tak resmi Amerika Serikat di Taipei untuk menyampaikan rasa terimakasihnya terhadap pemerintahan Presiden AS Joe Biden terkait keamanan di wilayahnya.

Melansir Perusahaan Penyiaran Jepang (Nippon Hoso Kyokai/NHK) pada Kamis (15/4/2021), Tsai menyampaikan terima kasih kepada pemerintahan Presiden AS Joe Biden karena telah berulang kali menekankan pentingnya perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan.

Tsai mengadakan pembicaraan dengan delegasi tersebut di kantor kepresidenan pada Kamis (15/04/2021). Pertemuan itu dilakukan di tengah meningkatnya aktivitas militer China di sekitar Taiwan.

Delegasi itu terdiri dari mantan Wakil Menteri Luar Negeri AS, Richard Armitage dan James Steinberg, serta mantan Senator Partai Demokrat, Chris Dodd. Mereka mengunjungi Taiwan atas permintaan Biden.

Di awal pembicaraan, Tsai menyambut misi pertama AS sejak Biden menjabat itu dengan mengatakan bahwa kunjungan tersebut menunjukkan makin dalamnya hubungan antara Taiwan dan AS.

Dia merujuk pada meningkatnya aktivitas militer Cina di kawasan tersebut dan mengatakan bahwa Taiwan ingin bekerja sama dengan negara-negara yang memiliki pemikiran sama, termasuk AS, untuk melindungi perdamaian dan stabilitas Indo-Pasifik.

Mantan Senator Dodd menanggapi dengan mengatakan dirinya yakin bahwa pemerintahan Biden akan membantu Taiwan memperluas ruang gerak internasionalnya serta mendukung investasi pertahanan kawasan itu.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat taiwan
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top