Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Satgas: Zona Merah Naik 50 Persen dalam Sepekan Terakhir

Meski zona merah Covid-19 meningkat, tercatat terjadi penurunan wilayah zona oranye dari 309 menjadi 289 kabupaten/kota.
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito./Youtube
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito./Youtube

Bisnis.com, JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyatakan zona merah Covid-19 di Indonesia meningkat selama sepekan terakhir.

Berdasarkan data yang dipaparkan Wiku wilayah zona merah meningkat dari 5 kabupaten/kota menjadi 10 kabupaten/kota.

"Dapat dilihat bersama bahwa sangat disayangkan terjadi penambahan kabupaten kota yang berzona merah atau beresiko tinggi sebesar 50 persen dari 5 menjadi 10 kabupaten kota," kata Wiku dalam konferensi pers daring, Kamis (8/4/2021).

Wiku mengatakan meningkatnya zona merah adalah kontribusi dari 8 kabupaten/kota yang mengalami perubahan zonasi dari oranye menjadi zona merah.

Delapan wilayah itu adalah, Badung dan Gianyar di Bali, Kota Tangerang Selatan di Banten, Tanah Laut di Kalimantan Selatan, Barito dan Kapuas di Kalimantan Timur, Belitung di Bangka Belitung serta Mataram di Nusa Tenggara Barat.

Meski zona merah meningkat, tercatat terjadi penurunan wilayah zona oranye dari 309 menjadi 289 kabupaten/kota.

"Selain itu terjadi perubahan jumlah kabupaten kota dengan zona kuning atau resiko rendah yang naik dari 201 menjadi 207 kabupaten kota. Kemudian daerah yang zona hijau atau tidak memiliki kasus baru meningkat dari 6 menjadi 7 kabupaten kota," ujarnya.

Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19, sisa zona merah atau berisiko tinggi penularan Covd-19 di Indonesia hanya tersisa di 10 daerah. Adapun, di Pulau Jawa hanya tersisa di Tangerang Selatan yang masih berstatus zona merah.

Dipantau melalui covid19.go.id, Rabu (7/4) 10 wilayah yang masih termasuk zona merah adalah Kota Mataram di Nusa Tenggara Barat, Belitung di Kepulauan Bangka Belitung, Barito Timur, Kota Palangkaraya, dan Kapuas di Kalimantan Tengah, Tanah Laut di Kalimantan Selatan, Kota Tangerang Selatan di Banten, dan di Badung, Gianyar, dan Buleleng di Bali.

Jumlah daerah dengan risiko tinggi saat ini hanya 1,95 persen dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Adapun, jumlah kabupaten kota yang berisiko sedang atau zona oranye sebanyak 289 kabupaten kota, atau 56,23 persen.

Kemudian untuk risiko rendah 207 kabupaten kota 40,27 persen, tidak ada kasus 7 kabupaten kota atau 1,36 persen, dan tidak terdampak 1 kabupaten kota 0,19 persen.

Sementara itu, pada hari ini, Kamis (8/4/2021), kasus konfirmasi positif Covid-19 secara nasional bertambah 5.504 orang sehingga totalnya menjadi 1.552.880 orang.

Untuk kasus sembuh pada hari ini bertambah 7.640 orang sehingga total kasus sembuh hampir menembus 1,4 juta atau tepatnya 1.399.382 orang.

Adapun, kasus yang meninggal pada hari ini bertambah 163 orang sehingga totalnya menjadi 42.227 orang yang meninggal akibat Covid-19. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper