Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menlu Inggris Minati Kerja Sama Pertahanan Maritim dengan Indonesia

Pemerintah Inggris telah menyusun kebijakan luar negeri yang menempatkan Indo-Pasifik di jantungnya, termasuk Indonesia.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 07 April 2021  |  15:59 WIB
Dominic Raab saat tiba di Downing Street 10, London, pada 6 April 2020. - Bloombereg/Peter Summers/Getty
Dominic Raab saat tiba di Downing Street 10, London, pada 6 April 2020. - Bloombereg/Peter Summers/Getty

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mengungkapkan minat yang besar untuk memperkuat kerja sama di sektor pertahanan maritim dengan Indonesia dalam kunjungannya ke Jakarta pada Rabu (7/4/2021).

Menlu Raab mengatakan meski Indonesia dan Inggris berada di bagian bumi yang berbeda, Inggris berkomitmen untuk memperkuat kerja sama dalam menjaga stabilitas regional dan global serta mengikuti Konvensi PBB terkait Hukum Laut.

“Kami sama-sama kekuatan maritim dengan kepentingan maritim yang kuat dan yang lebih penting, minat yang kuat untuk memastikan bahwa sistem berbasis aturan [yaitu] pilar, prinsip yang tercermin dalam UNCLOS, ditegakkan,” katanya dalam pernyataan pers bersama pada Rabu (7/4/2021).

Raab menjelaskan bahwa Pemerintah Inggris telah menyusun kebijakan luar negeri dalam Kajian Integrasi (Integrated Review) yang paling komprehensif. Dalam kebijakan tersebut, Inggris menempatkan Indo-Pasifik di jantungnya, termasuk Indonesia.

“Saya pikir itu membuktikan, tidak hanya pada materi spesifik yang kita diskusikan, tetapi juga [memperlihatkan] pandangan strategis kami tentang dunia, betapa pentingnya Indonesia,” lanjutnya.

Menlu Inggris akan berpartisipasi dalam dialog tingkat menteri UK - Asean untuk membahas berbagai masalah, salah satunya adalah Myanmar.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan Inggris dan Indonesia memiliki perhatian yang sama untuk mendorong proses perdamaian di Myanmar yakni untuk menghentikan kekerasan yang dapat melukai rakyat sipil.

Menlu Retno dan Menlu Raab juga mendorong militer Myanmar agar menciptakan kondisi yang kondusif dalam melakukan dialog untuk mengembalikan demokrasi dan stabilitas.

Menlu Raab dijadwalkan mengunjungi Jakarta untuk bertemu Menlu Retno dan Presiden Joko Widodo pada Rabu. Dalam kunjungan tersebut, beberapa isu kerja sama yang dibahas meliputi bidang pertahanan, pendidikan, industri kayu, agrikultur, minyak sawit, dan perubahan iklim.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

inggris kemenlu retno l.p. marsudi
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top