Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Tips Jelang UTBK SBMPTN, Agar Fokus dan Lancar

Melansir twitter @halokampus ada lima hal yang bisa kamu lakukan sebelum melaksanakan UTBK. Pertama, hilangkan kebiasaan begadang atau kurang tidur.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 04 April 2021  |  11:02 WIB
Sejumlah lulusan SMA mencari informasi hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 di Depok, Jawa Barat, Jumat (14/8/2020). - Antara
Sejumlah lulusan SMA mencari informasi hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 di Depok, Jawa Barat, Jumat (14/8/2020). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Ujian Tulis Berbasis Komputer untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) tinggal hitungan hari, sudah melakukan persiapan apa saja? Berikut beberapa tip yang perlu dilakukan sebelum UTBK-SBMPTN.

Melansir twitter @halokampus ada lima hal yang bisa kamu lakukan sebelum melaksanakan UTBK. Pertama, hilangkan kebiasaan begadang atau kurang tidur.

Sebelum menjalani UTBK, baiknya perbaiki pola tidur yang berantakan karena belajar terus menerus. Jangan sampai terbawa sampai ujian, nanti malah ngantuk saat mengisi soal, duh.

Kedua, upayakan agar makan makanan yang sehat dengan gizi yang seimbang. Jangan makan yang aneh-aneh atau berlebihan seperti minum es, makan gorengan atau makan pedas yang berlebihan.

Ketiga, usahakan melakukan olah raga ringan. Ini supaya tubuh tidak mudah terserang penyakit. Olah raga juga penting, lho, buat otak karena bisa meningkatkan konsentrasi, memori, kreativitas, dan fungsi otak. Jadi, biarpun sambil belajar, jangan rebahan terus, ya!

Keempat, tetap belajar dan berlatih soal. Tapi ingat, jangan sampai mengganggu pola tidur. Jangan sampai sibuk latihan soal tapi malah sakit ketika hari-H UTBK. Untuk latihan soal, kamu bisa ikut Try Out daring atau latihan soal sendiri di rumah.

Kelima, tetap jaga kondisi mental dan hindari drama. Salah satu caranya adalah mengurangi aktivitas di media sosial dan tetap fokus pada tujuan awal belajar dan berjuang masuk perguruan tinggi negeri.

Berdasarkan catatan Bisnis, UTBK tahun ini tantangannya bisa jadi lebih berat karena para siswa kelas 12 semuanya harus belajar penuh secara daring. Berbeda dari tahun sebelumnya ketika para siswa masih sempat merasakan belajar tatap muka.

Selain itu, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyebutkan, tahun ini pelaksanaan UTBK tepat pada saat puasa Ramadan.

Untuk gelombang pertama akan dilaksanakan pada 12-18 April 2021 dan gelombang kedua akan dilaksanakan pada 26 April–2 Mei 2021 mendatang. Setiap gelombang dilaksanakan selama 7 hari, tiap hari 2 sesi pagi dan siang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sbmptn UTBK
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top