Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perluas Materi Belajar dari Rumah, Kemendikbud Beralih ke TV Edukasi

Sebelumnya, Kemendikbud memberikan materi pembelajaran hanya melalui stasiun televisi TVRI.
Program Belajar dari Rumah digelar Kemendikbud selama pandemi Covid-19./Istimewa
Program Belajar dari Rumah digelar Kemendikbud selama pandemi Covid-19./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Lantaran peserta didik masih harus belajar dari rumah (BDR), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan menyediakan materi belajar untuk jenjang pendidikan PAUD dan Sekolah Dasar (SD) mulai 1 April 2021 di TV Edukasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Sebelumnya, Kemendikbud memberikan materi pembelajaran hanya melalui stasiun televisi TVRI. Peralihan medium penayangan program BDR tersebut dilakukan berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan secara berkala sejak penayangan di awal masa pandemi dan yang terakhir, yaitu pada bulan Februari 2021.

Hasil evaluasi terkini didapatkan melalui metode survei dan diskusi kelompok terpumpun dilakukan terhadap lebih dari 6.200 pemangku kepentingan, termasuk yang berdomisili di daerah tertinggal.

“Dalam perjalanannya, program BDR tidak dapat dilepaskan dari perkembangan situasi pandemi. Oleh sebab itu, evaluasi terus dilakukan secara berkala terhadap program BDR di TVRI dan menjadi acuan penentuan kebijakan penayangan,” terang pelaksana tugas (plt) Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (BKHM) Hendarman, mengutip keterangan resmi Kemendikbud, Minggu (28/3/2021).

Berdasarkan hasil evaluasi, secara umum responden dan informan menganggap konten dan cara penyajian program BDR sudah relevan dan baik. Sebagian besar responden juga menganggap program BDR membantu guru menambah wawasan dalam mengajar dan membantu siswa memahami materi belajar.

Selain itu, hasil evaluasi juga memvalidasi terdapatnya perubahan pola perilaku di masa pandemi terkait media pembelajaran yang diminati. Jika sebelumnya pemangku kepentingan menyaksikan tayangan televisi (TV), sekarang cenderung beralih ke media sosial dan platform berbagi digital.

Selain itu, ada kebijakan pendukung dari Kemendikbud seperti bantuan kuota data internet tahun 2020 dan 2021, serta alternatif sumber pembelajaran lainnya sehingga penayangan pembelajaran melalui TV kurang diminati.

Sehubungan dengan pembelajaran tatap muka yang masih harus menempuh proses panjang, termasuk vaksinasi para guru, cakupan siaran BDR perlu diperluas. Oleh karena itu, program BDR akan ditayangkan pada 1 April sampai 30 Juni 2021, melalui TV Edukasi Kemendikbud, kanal YouTube TV Edukasi, dan kanal YouTube Rumah Belajar.

“Pemangku kepentingan merekomendasikan medium penayangan program BDR di antaranya melalui YouTube, media sosial, TV Edukasi Kemendikbud, dan TV lokal. Alasan utama publik memilih medium tersebut adalah karena bisa ditonton ulang dan mudah diakses,” jelas Hendarman.

Lebih lanjut Hendarman mengajak para pendidik, dan peserta didik, serta orang tua untuk senantiasa memanfaatkan program BDR melalui medium yang telah disediakan Kemendikbud.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper