Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wacana Presiden Tiga Periode, Jimly Asshiddiqie: Bukan Soal Minat dan Tidak

Mantan Ketua Mahkamah Konsitutusi (MK) Jimly Asshiddiqie menuturkan wacana masa jabatan presiden menjadi tiga periode bukan soal minat atau tidaknya Jokowi terkait hal tersebut.
Feni Freycinetia Fitriani
Feni Freycinetia Fitriani - Bisnis.com 17 Maret 2021  |  09:45 WIB
Jimly Asshiddiqie - icmijabar
Jimly Asshiddiqie - icmijabar

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan tidak akan mengubah sikapnya yakni tetap berpegang pada Undang-Undang Dasar 1945 yang menyebut masa jabatan presiden hanya selama dua periode. Pernyataan Jokowi diucapkan merespons wacana presiden tiga periode yang mencuat di masyarakat.

Menanggapi hal itu, Mantan Ketua Mahkamah Konsitutusi (MK) Jimly Asshiddiqie menuturkan wacana masa jabatan presiden menjadi tiga periode bukan soal minat atau tidaknya Jokowi terkait hal tersebut.

"Ini bukan soal minat dan tidak, UUD di atas Presiden dan siapapun yang menjabat Presiden wajib tunduk di bawah UUD yang sudah ditentukan di pasal 7: Presiden dan Wapres memegang jabatan selama 5 tahun dan sesudahnya dapat dipilih kmbali dalam yg sama, HANYA untuk satu kali masa jabatan. Kalau mau diubah bisa saja, tapi untuk Presiden," cuit Jimly melalui akun Twitter resmi miliknya @JimlyAS seperti dikutip, Rabu (17/3/2021).

Jimly yang menjabat sebagai Watimpres di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) juga meminta politisi menyudahi polemik masa jabatan presiden menjadi tiga periode.

Selain mengganggu stabilitas dan iklim demokrasi di Indonesia, Jimly juga melihat Presiden Jokowi sebenarnya tidak suka dengan wacana tersebut.

"Sudah sejak tahun lalu Presiden Jokowi mengungkapkan kejengkelan dan ketersinggungannya ttg wacana 3 periode. Maka hentikanlah dan jangan trpancing oleh gorengan politikus ttg wacana 3 periode yg justru merugikan pak Jokowi dan juga merusak demokrasi," tulis @JimlyAS.

Dalam video yang diunggap oleh Sekretariat Presiden pada Senin (15/3/2021), Jokowi menegaskan dirinya tidak memiliki niat sedikitpun untuk menjadi presiden untuk tiga periode.

Menurutnya, di tengah pandemi Covid-19, seluruh pihak seharusnya mencegah adanya kegaduhan baru melainkan bahu membahu membawa Indonesia keluar dari krisis pandemi dan menuju lompatan kemajuan baru.

"Apalagi yang harus saya sampaikan? Bolak-balik ya sikap saya tidak berubah," ujar Jokowi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi masa jabatan
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top