Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perpanjangan Status Darurat di Jepang Diputuskan Jumat Ini

Pemerintah berencana untuk mendengarkan opini dari tiap gubernur dan berharap menggelar rapat panel pakar sesegera mungkin
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 04 Maret 2021  |  22:49 WIB
Ilustrasi - Tenaga kerja di Jepang - Bloomberg
Ilustrasi - Tenaga kerja di Jepang - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Jepang diperkirakan memutuskan kepastian perpanjangan keadaan darurat di kawasan Tokyo dan kawasan sekitarnya pada Jumat pekan ini.

Status keadaan darurat untuk Tokyo dan 3 provinsi tetangganya, yaitu Kanagawa, Saitama, dan Chiba, sebelumnya dijadwalkan akan berakhir pada Minggu (07/03/2021).

Melansir Nippon Hoso Kyokai/NHK pada Kamis (4/3/2021), para pejabat tengah menganalisis status penularan serta tekanan yang dialami sistem perawatan kesehatan di provinsi-provinsi tersebut. Mereka menetapkan bahwa persentase ranjang rumah sakit yang terisi di kawasan itu perlu lebih diturunkan lagi.

Perdana Menteri Suga Yoshihide dalam pertemuan komite parlemen pada Kamis (04/03/2021) menyatakan bahwa dirinya meyakini diperlukannya perpanjangan selama dua pekan untuk membantu memperbaiki situasi tersebut secara signifikan.

Suga mengungkapkan bahwa kerja sama dari masyarakat selama 2 pekan lagi akan membawa pada terkendalinya penularan virus.

Sebelumnya, Yoshihide mengatakan dia juga akan memeriksa dengan ketat jumlah penularan dan berbicara dengan pihak terkait termasuk para pakar. Ia mengatakan dirinya akan membuat keputusan akhir.

Suga mendiskusikan situasi tersebut dengan menteri yang bertugas untuk merespons virus Corona di negara ini, Nishimura Yasutoshi, dan Menteri Kesehatan Tamura Norihisa pada Rabu (03/03/2021) malam.

Pemerintah pusat menekankan bahwa tempat tidur rumah sakit yang terisi di Chiba berada pada tahap 4, yang merupakan tingkat kewaspadaan tertinggi. Pemerintah berencana untuk mendengarkan opini dari tiap gubernur dan berharap menggelar rapat panel pakar sesegera mungkin.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang Covid-19
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top