Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kronologi Akun Twitter Kemenkeu Kena Hack hingga Akhirnya Pulih

Akun Twitter Kementerian Keuangan (@Kemenkeu) sempat beberapa jam di retas atau hack. Namun, kini sudah pulih kembali. Simak kronologinya.
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 23 Februari 2021  |  10:28 WIB
Tampilan akun Twitter resmi Kementerian Keuangan KemenkeuRI saat kena hack atau diretas pada Senin malam (22/2/2021).  -  Twitter
Tampilan akun Twitter resmi Kementerian Keuangan KemenkeuRI saat kena hack atau diretas pada Senin malam (22/2/2021). - Twitter

Bisnis.com, JAKARTA – Akun Twitter Kementerian Keuangan (@KemenkeuRI) sempat beberapa jam di retas atau hack, namun kemudian kembali pulih pada Senin (22/2/2021) malam.

"Halo, Temankeu! Saat ini, akun Twitter @KemenkeuRI sudah dapat diakses kembali," kicau akun @KemenkeuRI dikutip Selasa (23/2/2021).

Twitter Kemenkeu pun saat ini telah beroperasi seperti biasa dan meminta terus mengikuti informasi terkini tentang anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) serta kebijakan keuangan negara.

Meski tak berlangsung lama, insiden peretasan akun Twitter Kemenkeu tersebut menggegerkan warganet. Pasalnya, warganet tidak menyangka akun resmi pemerintah yang telah bercentang biru bisa di-hack oleh peretas.

Pemilik akun Oichi (@hosiriyaa) pun mengunggah tangkapan layar saat akun Twitter Kemenkeu diretas dan mengaku kaget dengan kejadian ini.

"A-aku baru pertama kali ngeliat akun centang di private. Serius, tapi semoga cepet balik akunnya ya. Parah banget akun pemerintahan dijadiin akun edgy sama hacker. Buat yang dapet link dari Kemenkeu, jangan di klik ya ntar kena masalah juga kalean," kicau @hosiriyaa, Senin (22/2/2021).

Sementara itu, pakar digital forensik Arya Baruna melalui tautan Twitternya mengungkapkan terjadinya peretasan akun Kemenkeu ini menurutnya karena keteledoran dari SOP (standard operating procedure).

Dia menjelaskan bahwa berbahaya ketika admin twitter bercuit melalui telepon genggam. Malah menurutnya SOP admin tidak memperbolehkan login akun pemerintahan mauapun akun korporasi melalui handphone apalagi yang menggunakan Android.

Pasalnya, banyak celah untuk meretas akun menggunakan Android. Dia kemudian mencontohkan Amerika Serikat bahkan membuat aplikasi khusus untuk akun-akun pemerintahannya.

Pun jika tidak memiliki anggaran yang cukup, Arya menyarankan untuk hanya berkicau di Twitter melalui website bukan melalui handphone. Apalagi jam kerja dan konten yang akan diberikan pun terjadwal.

"Jadi gue saranin akun presiden dan kementerian adminnya ngetwit pakai web aja. Gak usah login pakai HP. Karena apa? Dulu akun @jokowi adminnya pernah salah login malu seumur hidup. Gak ada profesional," kicau Arya (@Suara_Bawah) dikutip Selasa (23/2/2021).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

twitter hacker kemenkeu peretas
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top