Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TNI AU Berencana Beli Pesawat Tempur Canggih Generasi 4.5

TNI AU juga akan membeli pesawat multi role tanker transport dan pesawat angkut Hercules jenis C-130 J.
Ilustrasi - Pesawat Tempur F-16 Milik Indonesia. Ke depan, rencananya Indonesia akan memiliki pesawat tempur canggih generasi 4.5./Antara/HO
Ilustrasi - Pesawat Tempur F-16 Milik Indonesia. Ke depan, rencananya Indonesia akan memiliki pesawat tempur canggih generasi 4.5./Antara/HO

Bisnis.com, JAKARTA - Alat utama sistem persenjataan TNI Angkatan Udara akan bertambah dengan kehadiran perangkat tempur canggih.

Rencananya, TNI AU akan membeli pesawat tempur canggih generasi 4.5.

Di antara pesawat canggih tersebut adalah Rafale buatan Prancis dan F-15 Ex buatan Amerika Serikat.

Pembelian tersebut dialokasikan untuk rencana strategis hingga 2024.

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Fadjar Prasetyo dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat (19/2/2021), mengatakan TNI AU juga akan membeli pesawat multi role tanker transport dan pesawat angkut Hercules jenis C-130 J.

Selain itu, terdapat Radar GCI3, pesawat berkemampuan airborne early warning, UCAV berkemampuan MALE dan berbagai alutsista lainnya.

"Dari berbagai upaya tersebut, kini telah mulai menampakkan titik terang. Mulai tahun ini hingga 2024, kita akan segera merealisasikan akuisisi berbagai alutsista modern secara bertahap," kata Fadjar dalam Rapim TNI AU yang digelar di Mabes TNI AU, Jakarta, Kamis (18/2/2021).

Fadjar mengatakan rencana pengadaan alat utama sistem senjata (alutsista) Indonesia telah mengalami beberapa kali perubahan baik dari kondisi global maupun kapasitas negara.

"Meski memiliki pedoman postur, renstra, dan minimum essential force, namun implementasinya sangat bergantung pada berbagai faktor dan kondisi yang terus berubah secara dinamis," kata Fadjar.

Menurutnya, seluruh pemangku kepentingan, termasuk Kementerian Pertahanan dan TNI AU, telah menganalisis dan membahas rencana penyelesaian masalah pengadaan alutsista tersebut.

"Kita juga akan melaksanakan modernisasi berbagai pesawat tempur TNI AU, yang pelaksanaannya akan dimulai pada tahun ini," kata Fadjar.

Dia menambahkan, proses pengadaan alutsista modern bertujuan untuk memperkuat kekuatan TNI di udara menjaga kedaulatan negara.

Selain itu, pengadaan alutsista juga memiliki kontribusi upaya diplomasi pertahanan dengan negara lain yang bernilai strategis terhadap konstelasi politik global.

"Esensi terpenting dari penambahan alutsista bukanlah pada penambahan jumlah platformnya. Namun, yang jauh lebih esensial adalah pada peningkatan kemampuan secara signifikan yang dapat kita berdayagunakan dalam menjaga kedaulatan negara di udara," kata Fadjar.

Selain itu, melalui pembinaan kemampuan personel serta pemeliharaan dan perawatan alutsista, agar terus berada pada level tertinggi.

"Kita harus memastikan kesiapan personel dan satuan dalam mengoperasikan dan memelihara berbagai alutsista matra udara, serta melaksanakan berbagai tugas TNI Angkatan Udara secara profesional dan dengan penuh rasa tanggung jawab," tegas Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper