Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ekonomi Taiwan Ungguli China untuk Pertama Kalinya

Taiwan berhasil menghindari lockdown ketat tahun lalu yang membuat negara-negara lainnya terpuruk secara ekonomi.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 29 Januari 2021  |  17:25 WIB
Seorang militer memegang bendera nasional Taiwan saat menghadiri upacara pengibaran bendera di Chiang Kai-shek Memorial Hall, di Taipei, Taiwan, 16 Maret 2018. - Reuters
Seorang militer memegang bendera nasional Taiwan saat menghadiri upacara pengibaran bendera di Chiang Kai-shek Memorial Hall, di Taipei, Taiwan, 16 Maret 2018. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Pertumbuhan ekonomi Taiwan melampui China untuk pertama kalinya sejak 30 tahun, berkat upayanya menekan penyebaran Covid-19 dan memacu ekspor.

Dilansir Bloomberg, Jumat (29/1/2021), produk domestik bruto (PDB) Taiwan tumbuh 2,98 persen pada tahun lalu, sedangkan PDB China hanya naik 2,3 persen pada periode yang sama.

Pada 1990, ekonomi Taiwan sangat bergantung pada ekspor barang elektronik dan plastik. Sebaliknya China baru saja membuka outlet McDonald sebagai wujud reformasi ekonomi dan membuka diri dari pengaruh asing.

Taiwan berhasil menghindari lockdown ketat tahun lalu yang membuat negara-negara lainnya terpuruk secara ekonomi. Dengan beberapa pengecualian, semua bisnis, kantor, dan sekolah tetap buka pada tahun lalu dan pariwisata domestic justru semakin populer karena adanya pembatasan mobilitas ke keluar negeri.

Sejumlah perusahaan teknologi Taiwan misalnya Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. dan Hon Hai Precision Industry Co. juga menuai untuk karena tingginya permintaan terhadap semikonduktor, ponsel 5G, kendaraan listrik, dan peralatan server berteknologi tinggi.

Berdasarkan data ekonom Natixis SA Gary Ng di Hong Kong, ekspor berkontribusi hingga 60 persen terhadap pertumbuhan PDB Taiwan pada tahun lalu.

“Selalu ada permintaan terhadap semikonduktor dan tidak ada yang bisa menggantikan TSMC,” katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china taiwan Covid-19

Sumber : Bloomberg

Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top