Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jepang dan AS Sepakat Perkuat Aliansi Lewat Pembicaraan Telepon

Jepang dan AS mengonfirmasikan akan bekerja sama dengan erat terkait isu-isu global, termasuk virus corona dan perubahan iklim.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 29 Januari 2021  |  07:18 WIB
Ilustrasi - Tenaga kerja di Jepang - Bloomberg
Ilustrasi - Tenaga kerja di Jepang - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Jepang dan Amerika Serikat (AS) sepakat untuk bekerja sama erat guna semakin memperkuat aliansi kedua negara dan mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Melansir Perusahaan Penyiaran Jepang (Nippon Hoso Kyokai/NHK) pada Jumat (29/1/2021), kesepakatan tersebut terwujud melalui pembicaraan telepon antara Perdana Menteri Jepang Suga Yoshihide dan Presiden AS Joe Biden pada Kamis (28/1/2021) waktu setempat.

Suga dan Biden berbicara melalui telepon selama sekitar 30 menit. Ini merupakan pembicaraan melalui telepon pertama mereka sejak Biden menjabat.

Kedua pemimpin mengonfirmasikan akan bekerja sama dengan erat terkait isu-isu global, termasuk virus corona dan perubahan iklim.

Mereka juga mengukuhkan bahwa Pasal 5 Perjanjian Keamanan Jepang-AS berlaku untuk Kepulauan Senkaku. Pasal tersebut mewajibkan AS membela kawasan yang berada di bawah kontrol administratif Jepang.

Jepang menguasai kepulauan tersebut. Cina dan Taiwan mengklaimnya. Pemerintah Jepang mempertahankan sikap bahwa tidak ada isu kedaulatan.

Mereka juga sepakat terkait kerja sama dengan Australia dan India. Suga dan Biden mengatakan akan melanjutkan upaya untuk menuntaskan isu penculikan warga Jepang oleh Korea Utara secepatnya, serta berupaya untuk mendenuklirisasi negara tersebut.

Mereka juga mengonfirmasikan bahwa pengaturan akan dilakukan untuk kunjungan Suga ke AS dalam waktu secepatnya, dengan mempertimbangkan situasi penularan virus corona.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang amerika serikat Virus Corona
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top