Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mayoritas Perusahaan di Jepang Ingin Olimpiade Tetap Berlangsung Tahun Ini

Beberapa perusahaan meyakini Olimpiade akan menggiatkan perekonomian dan masyarakat selama pandemi.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 29 Januari 2021  |  07:26 WIB
Cincin Olimpiade yang terang-benderang mengambang di perairan Odaiba, pulau buatan di Teluk Tokyo, Jepang./Bloomberg - Toru Hanai
Cincin Olimpiade yang terang-benderang mengambang di perairan Odaiba, pulau buatan di Teluk Tokyo, Jepang./Bloomberg - Toru Hanai

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah survei yang dilakukan oleh Perusahaan Penyiaran Jepang (Nippon Hoso Kyokai/NHK ) menunjukkan bahwa mayoritas perusahaan besar di Jepang menginginkan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo tetap berlangsung pada musim panas tahun ini.

Melansir NHK pada Jumat (29/1/2021), survei dilakukan terhadap 100 perusahaan terkemuka mulai akhir Desember 2020 hingga pertengahan Januari 2021. Seluruh perusahaan itu meresponsnya.

Sebanyak 48 mengatakan Olimpiade harus digelar tetapi dengan skala yang diperkecil. Sejumlah 13 setuju untuk mengikuti rencana awal.

Beberapa perusahaan meyakini Olimpiade akan menggiatkan perekonomian dan masyarakat. Ada juga pandangan bahwa menggelar Olimpiade tanpa dihadiri penonton di tribun akan tidak berarti bagi para atlet.

Tiga perusahaan menyatakan Olimpiade semestinya tidak digelar. Salah satu alasannya adalah pandemi virus corona. Sebanyak 36 perusahaan tidak memberikan pendapat terkait pertanyaan apakah ajang ini tetap harus digelar.

Di sisi lain, mayoritas penduduk Jepang menginginkan pesta olahraga Olimpiade Tokyo 2020 yang rencananya dihelat pada paruh kedua 2021 dibatalkan.

Hal itu terungkap dalam survei yang dilakukan kantor berita Jepang Kyodo dan dirilis, Minggu (10/1/2021). Survei itu menunjukkan sekira 80 persen warga Jepang ingin Olimpiade Tokyo dibatalkan atau ditunda menyusul kekhawatiran terhadap lonjakan kasus Covid-19 di negara itu.

Angka itu melonjak dari hasil survei serupa sebanyak 60 persen yang dilakukan Kyodo pada 6 Desember 2020. Sebagai informasi, Olimpiade Tokyo seharusnya digelar tahun lalu namun karena pandemi diundur dan dijadwal ulang ke 23 Juli hingga 8 Agustus tahun ini.

Lebih lanjut, Kyodo mengatakan survei tersebut melibatkan 1.041 partisipan dari seluruh penjuru Jepang yang dipilih secara acak dan diwawancarai lewat telepon.

Sebanyak 35,3 persen orang yang disurvei menginginkan Olimpiade dibatalkan dan 44,8 persen ingin pesta olahraga sedunia itu ditunda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang olimpiade pandemi corona
Editor : Novita Sari Simamora
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top