Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi: Vaksinasi Covid-19 adalah Ikhtiar, Disiplin Penentunya!

Jokowi mengatakan apabila masa pandemi dapat dilewati dengan baik, maka Indonesia akan lebih siap menjawab tantangan ke depan menjadi kekuatan ekonomi baru yang tangguh.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 25 Januari 2021  |  17:04 WIB
Presiden Joko Widodo menghadiri acara Kompas100 CEO Forum Tahun 2021 secara virtual pada Kamis, 21 Januari 2021 dari Istana Negara, Jakarta / Biro Pers Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo menghadiri acara Kompas100 CEO Forum Tahun 2021 secara virtual pada Kamis, 21 Januari 2021 dari Istana Negara, Jakarta / Biro Pers Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa 2021 merupakan momentum untuk bangkit dari pandemi Covid-19. Tingkat keberhasilan dari momen itu tergantung kemampuan melewati masa sulit.

Melalui akun Twitternya, Jokowi mengunggah gambar dengan visual dua pasang sepatu putih, sepasang terikat dan diletakan rapi, sedangkan sepasang sepatu sepasang lainnya talinya terlepas.

Pada unggahan gambar tersebut, Jokowi juga menuliskan kalimat ‘Vaksin adalah ikhtiar, disiplin kita penentunya!’ Presiden Joko Widodo’.

Dia menyebutkan bahwa apabila masa pandemi dapat dilewati dengan baik, maka akan lebih siap menjawab tantangan ke depan menjadi kekuatan ekonomi baru yang tangguh.

“Tahun 2021 adalah momentum kita untuk bangkit. Dan itu tergantung pada kemampuan kita melewati masa-masa sulit karena pandemi,” tulisnya Senin (25/1/2021).

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan jika mampu melewatinya dengan baik, maka Indonesia akan lebih siap menjawab tantangan ke depan.

"Bertransformasi menjadi kekuatan ekonomi baru dan semakin tangguh,” ujarnya.

Adapun, pemerintah kabinet Indonesia Maju dihadapkan dengan sejumlah situasi beragam sejak 2019. Teranyar pandemi Covid-19 menjadi salah satu fokus utama lantaran berdampak pada perekonomian.

Berdasarkan APBN 2021 pemerintah telah menentukan empat fokus kebijakan yaitu penanganan kesehatan, perlindungan sosial, pemulihan ekonomi dan reformasi struktural.

Fokus kebijakan pertama utamanya menitikberatkan pada vaksinasi Covid-19. Pada poin kedua, pemerintah akan berfokus pada kebijakan yang berkaitan dengan perlindungan sosial, terutama bagi kelompok rentan dan kurang mampu.

Dalam hal pemulihan ekonomi, pemerintah akan memberi dukungan bagi perkembangan dunia usaha, khususnya bagi sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Adapun, fokus yang keempat yakni membangun fondasi yang lebih kuat dengan melakukan reformasi struktural baik di bidang kesehatan, pendidikan serta perlindungan sosial.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi Virus Corona Covid-19 Vaksin Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top