Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sandingkan FPI, Muhammadiyah, NU, Siapa Pandji Pragiwaksono?

Nama Pandji Pragiwaksono viral di Twitter karena menyandingkan FPI dengan Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU).
Pandji Pragiwaksono/Antara
Pandji Pragiwaksono/Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Nama Pandji Pragiwaksono viral di Twitter pada hari ini, Kamis (21/1/2020). Pasalnya aktor, penyiar radio, penulis, pembawa acara, penyanyi rap dan komika asal Indonesia ini membandingkan Front Pembela Islam (FPI) dengan Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU).

Perbandingan tersebut dibuat Pandji dalam konteks pembahasan pembubaran organisasi yang didirikan Rizieq Shihab. Menurutnya membubarkan FPI adalah perkara mudah, tetapi hal itu merupakan solusi yang salah.

“Yang gampang itu biasanya solusi yang salah, yang susah adalah yang benar,” katanya dalam sebuah video yang diunggah pada Minggu (3/1/2021).

Dia menjelaskan bahwa FPI didukung karena ketidakpedulian banyak kalangan menengah ke atas terhadap permasalahan sosial, sedangkan FPI sebaliknya. Sementara itu warga dengan taraf ekonomi sulit segan meminta bantuan organisasi Islam seperti NU dan Muhammadiyah.

“Nah yang NU sama Muhammadiyah karena sudah terlalu tinggi dan elite, warga tuh gak ke situ,” kata Pandji.

Adapun Pandji adalah pria kelahiran 18 Juni 1979 yang memulai karirnya di dunia hiburan sejak tahun 2003 silam. Dia mengawali karir sebagai penyiar radio di Hard Rock Bandung selama dua tahun bersama Tike Priatnakusumah.

Kemudian debutnya di dunia televisi dengan menjadi pemandu acara 'Kena Deh' yang kala itu ditayangkan Trans 7. Sosoknya pun langsung dikenal banyak orang melalui acara tersebut.

Karirnya sebagai komika dimulai pada tahun 2010, melalui Twivate Concert. Dia menjadi salah satu pencetus adanya kompetisi Stand Up Comedy Indonesia.

Selanjutnya Pandji menjadi pembawa acara di kompetisi Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) yang tayang di KompasTV pada 2011 hingga 2015.
Selain memiliki karir di dunia hiburan, Pandji juga dikenal sebagai seorang penulis. Dia telah menerbitkan sembilan buah buku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper