Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bukan Cuma Budi Said, Ini Daftar Crazy Rich Surabaya Terbaru

Kota Surabaya, Jawa Timur juga dikenal sebagai kota asal orang kaya. Berikut daftar crazy rich Surabaya yang masuk daftar 50 orang terkaya versi Forbes.
Ilustrasi kekayayan.
Ilustrasi kekayayan.

Bisnis.com, JAKARTA - Nama crazy rich Surabaya Budi Said sontak menjadi perhatian publik beberapa hari ini dikarenakan pengadilan telah mengabulkan gugatannya yang menuntut perusahaan emas Antam. Nama Budi pun juga menjadi terkenal karena kasus itu membuka kemampuan finansialnya untuk membeli 5,9 ton emas Antam.

Selain Budi, Surabaya juga dikenal dengan orang-orang kaya raya lainnya. Beberapa di antaranya bahkan menempati posisi 50 orang terkaya di Indonesia. Beberapa tahun lalu pun, kata crazy rich Surabaya sempat hangat diperbincangkan.

Berdasarkan daftar 50 orang terkaya di Indonesia yang dikeluarkan Forbes pada akhir tahun 2020, berikut beberapa konglomerat yang berasal dari Surabaya:

1. Hermanto Tanoko dan Wijono Tanoko
Dua bersaudara ini berada di urutan ke 39 orang terkaya di Indonesia. Mereka berdua adalah penerus PT Avia Avian yang memproduksi Cat Avian dan No Drops yang didirikan oleh Soetikno Tanoko yang merupakan ayah mereka.

Dilansir Forbes, kedua orang ini memiliki kekayaan sekitar US$700 juta atau Rp9,8 triliun dengan asumsi kurs Rp14.066. Berdasarkan catatan Bisnis, orang tua Hermanto sebelumnya bekerja sebagai petani palawija sebelum beralih profesi membuka toko cat.

2. Eddy William Katuari
Pemimpin Wings Group ini berada di urutan ke 31 orang terkaya di Indonesia bersama keluarganya. Diketahui Eddy mulai memimpin Wings Gruop pada 2004, setelah kepergian pendiri perusahaan ini, yaitu ayahnya.

Forbes memperkirakan jumlah kekayaan Eddy dan keluarganya saat ini adalah US$1 miliar atau Rp14,1 triliun. Semenjak berdirinya Wings pada 1948, kini perusahaan ini telah menjadi salah satu produsen kebutuhan rumah tangga terbesar. Produk yang dihasilkannya mulai dari berbagai jenis sabun hingga makanan yaitu mie sedap.

3. Alexander Tedja
Pecinta karya seni ini menjadi orang terkaya urutan 27 di Indonesia yang dikenal sebagai raja properti dan juga mall di Surabaya yang bernama Pakuwon Jati.

Perusahaan ini terkenal dengan pembangunan campuran mall, tempat tinggal, hotel, dan perkantoran di Surabaya dan Jakarta. Forbes memperkirakan jumlah kekayaan Alexander saat ini adalah US$1,19 miliar atau Rp14,3 triliun.

4. Tahir
Tahir merupakan pendiri dari Mayapada Group yang menjadikan dirinya menjadi orang terkaya ke 10 di Indonesia bersama keluarganya. Pria kelahiran Surabaya ini menikah dengan anak konglomerat Mochtar Riady bernama Rosy.

Tahir dikenal sebagai sosok filantropis yang memiliki bisnis pada sektor perbankan, pelayanan kesehatan, dan juga properti. Kerajaan bisnis Tahir tercatat membuatnya memiliki jumlah harta kekayaan Tahir sekitar  US$3,3 miliar atau Rp46,4 triliun. 

5. Susilo Wonowidjojo
Penerus bisnis Gudang Garam, Susilo Wonowidjojo dan keluarga menjadi orang terkaya urutan ke enam di Indonesia. Perusahaan yang didirikan ayahnya Surya pada 1958 ini, 25 tahun kemudian diteruskan oleh kakak abangnya Susilo, Rachman Halim hingga kepergiannya 2008.

Pada 2009 Susilo kemudian mengambil alih tugas keluarganya sebagai presiden direktur bersama adik perempuannya Juni Setiawati sebagai presiden komisioner. Susilo Wonowidjojo dan keluarga diperkirakan memiliki jumlah kekayaan sebesar US$5,3 miliar atau Rp74,5 triliun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper