Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pujian Tito Karnavian untuk Listyo Sigit Calon Tunggal Kapolri

Tito Karnavian juga menyebut Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri mempunyai pengalaman yang belum pernah dimilikinya, yaitu pengalaman sebagai ajudan presiden.
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memberikan keterangan pers usai melakukan koordinasi, di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/3/2020). ANTARA FOTO/Novrian Arbi
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memberikan keterangan pers usai melakukan koordinasi, di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/3/2020). ANTARA FOTO/Novrian Arbi

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian memuji calon tunggal Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo saat rapat dengar pendapat di Gedung DPR RI, Senin (18/1/2021). Dia menyebut Listyo sebagai sosok yang cerdas dan tegas.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya telah mengusulkan nama Komjen Listyo Sigit sebagai calon tunggal Kapolri kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Penggantian Kapolri lantaran Jenderal Polisi Idham Aziz yang akan segera pensiun.

“Pak Sigit itu orangnya cerdas, sudah sangat paham dan matang. Bayangkan saja, pernah menjadi Kapolda, jabatan yang sangat penting di Polri, menjadi Kabareskrim,” kata Listyo, Senin (18/1/2021).

Lebih lanjut, Tito juga menyebut Listyo mempunyai pengalaman yang belum pernah dimilikinya, yaitu pengalaman sebagai ajudan presiden.

"Otomatis beliau paham tentang ini, political landscape, tentang politik yang jauh lebih baik daripada saya, dan beliau juga memiliki pribadi yang baik,” sambungnya.

Mantan Kepolri itu mengaku mengenal Listyo Sigit sebagai sosok yang berkinerja baik selama diberi amanah untuk ditempatkan diberbagai jabatan.

Tito menerangkan setidaknya dua jabatan strategis telah diraskan Listyo yaitu Kapolda Banten dan Kadivpropam. Adapun, saat menjadi Kapolda Banten selama 2 tahun, Tito menyebut Listyo dikenal tenang dan berkinerja baik.

Sementara itu, saat menjabat Kadivpropam Listyo, lanjut Tito, sangat membantu mendukung terutama mendisiplinkan anggota dan mengawasi kinerja anggota Polri.

Tito juga menyebut Listyo Sigit sebagai sosok muda yang matang, kaya pengalaman, memiliki kepribadian yang baik dan dinilainya siap menjadi Kapolri, ditambah dengan gaya komunikasi dan ketegasan yang melengkapi kepribadiannya.

“Ditambah dengan pengalaman beliau sebagai Kabareskrim dalam waktu yang juga lumayan panjang, 1 tahun lebih yang semua kita menyaksikan bagaimana kinerja beliau, sehingga saya merasa bahwa meskipun berusia muda tapi matang," ujar Tito.

Tito menambahkan bahwa Listyo cukup matang dalam pengalaman di kewilayahan, teritorial, pengalaman di staf yang cukup lama dan juga pengalaman di bidang reserse. Selain itu, Kabareskrim juga dinilai sebagai jabatan yang sangat strategis di Polri.

"Saya kira dengan segala pengalaman itu ditambah dengan pribadi beliau, saya sangat paham,” terangnya.

Tito menambahkan bahwa Listyo mampu merangkul semua pihak baik senior maupun junior Polri. Dia diyakini dapat berkomunikasi dengan baik dengan pelbagai kalangan.

Mendagri Tito menyebut sosok Listyo Sigit sudah sangat siap mengemban amanah sebagai Kapolri. Dia juga mendoakan agar kelak, Listyo Sigit mampu mengemban amanah dengan baik.

“Sehingga sekali lagi saya berpandangan, Pak Sigit sangatlah tanggap dan sudah sangat siap untuk menjadi Kapolri, saya doakan semoga prosesnya lancar, dan semoga bisa mengemban amanah dengan baik,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper