Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

15 Juta Dosis Vaksin Sinovac Tiba, Daerah Diminta Siaga

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengingatkan agar daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota bersiap diri dengan mendirikan posko menjelang pelaksanaan vaksinasi.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 12 Januari 2021  |  14:26 WIB
Petugas kesehatan di RSUD Wangaya, Denpasar sedang melakukan simulasi penyuntikan vaksin Covid-19, Jumat (8/1/2021) - Istimewa
Petugas kesehatan di RSUD Wangaya, Denpasar sedang melakukan simulasi penyuntikan vaksin Covid-19, Jumat (8/1/2021) - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 15 juta dosis vaksin Covid-19 dari Sinovac, China tiba di Indonesia pada Selasa (12/1/2021) siang. Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo pun meminta pemerintah daerah mempersiapkan diri.

Setelah menyaksikan langsung proses bongkar muat vaksin Sinovac, Doni mengingatkan agar daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota bersiap diri dengan mendirikan posko menjelang pelaksanaan vaksinasi.

“Diharapkan seluruh daerah mempersiapkan diri dengan lebih baik termasuk siapkan posko di provinsi dan kabupaten/kota sampai desa dan kelurahan untuk tahu perkembangan yang terjadi di seluruh daerah,” kata Doni saat menyampaikan keterangan pers yang ditayangkan oleh Sekretariat Presiden, Selasa (12/1/2021).

Selain itu, dia meminta daerah untuk menyiapkan langkah pencegahan yang telah ditetapkan pemerintah. Dia mengharapkan kerja sama seluruh komponen menjadi lebih baik.

Sementara itu, dia menyebut kedatangan vaksin tahap ketiga menambah jumlah vaksin yang akan diberikan kepada masysrakat. Kendati begitu dia mengingatkan agar protokol kesehatan harus tetap dijalankan. Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi harus paralel dengan kedisiplinan bagi penerima.

“Bapak Presiden selalu ingatkan para menteri dan Ketua Satgas Covid-19 bahwa adanya vaksin ini jangan sampai membuat kita kendor, vaksin ini harus diimbangi degan kepatuhan kepada protokol kesehatan yaitu 3M,” ujar Doni.

Sementara itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menerbitkan izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk vaksin Covid-19 produksi Sinovac dan PT Bio Farma (Persero) pada Senin (11/1/2021).

Selain itu, MUI juga telah mengeluarkan fatwa halal kepada vaksin Covid-19 produksi Sinovac dan Bio Farma. MUI menyatakan bahwa vaksin Covid-19 suci dan halal serta dapat digunakan oleh umat muslim.

Petunjuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 secara lengkap dapat diunduh di situs: https://s.id/juknis-vaksinasi-c19 

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vaksinasi Sinovac Vaksin Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top