Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penyelidikan Covid-19 Lanjut, China Beri Tiket Masuk untuk WHO

Hingga saat ini, China dilaporkan sudah bisa mengendalikan penyebaran Covid-19, meski masih ditemukan temuan kasus lokal baru dan pemberlakukan lockdown sewaktu-waktu.  
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 11 Januari 2021  |  15:21 WIB
Lambang WHO di pintu utama kantor pusatnya di Jenewa, Swiss -  Bloomberg/Stefan Wermuth
Lambang WHO di pintu utama kantor pusatnya di Jenewa, Swiss - Bloomberg/Stefan Wermuth

Bisnis.com, JAKARTA – Tim investigasi Covid-19 dari World Health Organization (WHO) akhirnya diperbolehkan masuk ke China pada 14 Januari 2021 untuk menyelidiki asal virus Sars-Cov-2. 

Konfirmasi tersebut dipastikan dari pernyataan resmi Komisi Kesehatan Nasional China, dilansir Bloomberg, Senin (11/1/2021).

Kepastian tersebut datang setelah Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus yang menyatakan kekecewaannya karena China menunda keluarnya izin visa bagi tim investigasi WHO tersebut.

Berdasarkan keterangan resminya, Komisi Nasional China menyatakan tim dari WHO nantinya akan bekerjasama dengan para ilmuwan China tanpa menyebutkan secara rinci. Tetapi, masih belum pasti apakah tim WHO diperbolehkan mengunjungi Wuhan, kota yang pertama kali dilaporkan sebagai lokasi awal merebaknya virus Corona pada akhir 2019.

Kedatangan tim investigasi WHO ke China terus diupayakan selama berbulan-bulan dan konfirmasi dari Pemerintah China pada hari ini, Senin (11/1/2021) menjadi kabar gembira untuk menguak misteri asal virus Corona.

Didera oleh kritik dan dugaan bahwa virus Corona berasal dari China membuat Pemerintah China dan media milik pemerintah terus menggencarkan berbagai kemungkinan yang menyatakan virus tersebut bukan berasal dari Negeri Panda tersebut.

Hingga saat ini, China dilaporkan sudah bisa mengendalikan penyebaran Covid-19, meski masih ditemukan temuan kasus lokal baru dan pemberlakukan lockdown sewaktu-waktu.  

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china who Covid-19

Sumber : Bloomberg

Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top