Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Bahas Rehabilitasi Lingkungan saat Peringatan HUT Ke-48 PDIP

Presiden Jokowi mengatakan perlunya lokasi pembibitan yang tahun ini telah dicanangkan pemerintah, yakni dengan membangun sebuah persemaian di lima lokasi di lima Provinsi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 10 Januari 2021  |  23:57 WIB
Presiden Joko Widodo saat membuka rapat terbatas mengenai Penanganan Pandemi Covid-19 dan Rencana Pelaksanaan Vaksinasi di Istana Negara, Rabu (6/1 - 2021) / Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo saat membuka rapat terbatas mengenai Penanganan Pandemi Covid-19 dan Rencana Pelaksanaan Vaksinasi di Istana Negara, Rabu (6/1 - 2021) / Youtube Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyampaikan fokus pemerintah untuk merehabilitasi lingkungan saat memberikan sambutan dalam peringatan HUT Ke-48 PDI Perjuangan (PDIP), Minggu (10/1/2021).

Jokowi pun memuji dan mengapresiasi tindakan konkret kader PDIP se-Indonesia yang menggalakkan cinta lingkungan melalui gerakan menanam pohon di seluruh Indonesia. Kepala Negara menyampaikan gerakan masif yang dilakukan para elite DPP, DPD hingga DPC PDIP ini sesuai dengan visi dan misi pemerintah.

"Dalam kesempatan ini saya juga ingin mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan keluarga besar PDI Perjuangan dalam penanaman pohon, ini sangat tepat dan sesuai dengan fokus pemerintah untuk melakukan pemulihan lingkungan, rehabilitasi lingkungan," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya di HUT Ke-48 PDIP, yang dilaksanakan secara virtual, di Jakarta, Minggu (10/1/2021).

Menurut Presiden, implementasi dari fokus pemerintah untuk merehabilitasi lingkungan sudah harus nyata dimulai tahun ini. Pasalnya, pemulihan lingkungan tak bisa dilepaskan dari upaya pembangunan ke depan.

"Pemulihan lingkungan tidak bisa dilepaskan dari keinginan membangun sebuah green economy, green product. Saya telah menginstruksikan untuk 4 tahun ke depan kita akan melakukan rehabilitasi perbaikan hutan mangrove kurang lebih 630.000 hektare di seluruh Tanah Air. Kita tangani sampai tahun 2024," tutur Presiden Jokowi.

Atas dasar itu, Presiden mengatakan perlunya lokasi pembibitan yang tahun ini telah dicanangkan pemerintah, yakni dengan membangun sebuah persemaian di lima lokasi di lima Provinsi. Rencananya setiap provinsi akan berproduksi kurang lebih 50 juta benih pohon.

"Kurang lebih 50 juta benih pohon yang akan kita pakai untuk merehabilitasi lahan-lahan yang sering longsor, provinsi-provinsi yang sering banjir, artinya dalam satu tahun kita bisa memproduksi 100 juta bibit pohon," ujar Presiden menjelaskan.

Untuk diketahui, selain penanaman pohon, rangkaian HUT Ke-48 PDIP juga diisi dengan kegiatan bersih-bersih sungai dengan menggalakkan Cinta Ciliwung Bersih di Jakarta dan sekitarnya.

Selain itu, sungai-sungai di seluruh Indonesia juga dibersihkan oleh kader-kader PDIP sekaligus mengampanyekan agar tak membuang sampah ke sungai.

Peringatan HUT Ke-48 PDIP yang dilaksanakan secara virtual diikuti Presiden Joko Widodo, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, jajaran menteri Kabinet Indonesia maju, Ketua MPR, Ketua DPR, pimpinan lembaga tinggi negara, serta kader dan simpatisan PDIP seluruh Indonesia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi pdip

Sumber : Antara

Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top