Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Serahkan 584.407 Sertifikat Tanah untuk Rakyat Hari Ini

Presiden Jokowi memastikan pada 2025 seluruh tanah di Indonesia telah tersertifikat dan dipegang oleh pemiliknya.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 05 Januari 2021  |  14:56 WIB
Presiden Joko Widodo meninjau Pusat Sumber Benih dan Persemaian di Rumpin, Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/11 - 2020) / Youtube Setpres
Presiden Joko Widodo meninjau Pusat Sumber Benih dan Persemaian di Rumpin, Bogor, Jawa Barat, Jumat (25/11 - 2020) / Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan 584.407 sertifikat tanah yang tersebar di 26 provinsi dan 273 kabupaten/kota kepada para penerima.

Penyerahan sertifikat tanah kepada masyarakat ini dilakukan baik secara langsung di Istana Negara maupun secara virtual.

“Penyerahan sertifikat tanah ini adalah komitmen yang sudah berulang kali saya sampaikan, komitmen pemerintah untuk terus mempercepat pensertifikatan tanah di seluruh Tanah Air,” kata Jokowi di Istana negara, Jakarta, Selasa (5/1/2021).

Lebih lanjut, Kepala Negara mengapresiasi kinerja Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Negara karena mampu menerbitkan sekitar 6,8 juta sertifikat tanah dari target 11 juta karena terkendala pandemi Covid-19.

Jokowi juga memerinci capaian penerbitan sertifikat tanah dalam beberapa tahun terakhir yakni pada 2017 sebanyak 5,4 juta sertifikat, pada 2018 sebanyak 9,3 juta, 2019 sebanyak 9 juta, dan 2020 sebanyak 6,8 juta sertifikat tanah.

Bersama Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Negara Sofyan Djalil, Presiden Jokowi memastikan pada 2025 seluruh tanah di Indonesia telah tersertifikat dan dipegang oleh pemiliknya.

“Pesan saya, simpan ini baik-baik yang namanya sertifikat tanah,” ujar Jokowi.

Lebih lanjut, dia juga menyampaikan kepada para penerima sertifikat tanah bahwa sertifikat bisa dijadikan jaminan atas kredit perbankan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi sertifikat tanah
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top