Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Panduan UTBK 2021 LTMPT, dari Materi Hingga Syarat Peserta

Berikut panduan persiapan dan materi bagi peserta UTBK 2021.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 05 Januari 2021  |  12:01 WIB
Sejumlah peserta mengikuti pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 di Universitas Udayana, Denpasar, Bali, Minggu (5/7/2020). ANTARA FOTO - Fikri Yusuf
Sejumlah peserta mengikuti pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 di Universitas Udayana, Denpasar, Bali, Minggu (5/7/2020). ANTARA FOTO - Fikri Yusuf

Bisnis.com, JAKARTA -- Proses Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) telah dimulai. Pendaftaran akun Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dibukan sejak 4 Januari 2020 hingga 1 Februari 2020.

Mengutip laman resmi LTMPT, pada tahun ini, tes yang dikembangkan dan dilaksanakan dilakukan dengan metode Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Lembaga resmi penyaring mahasiswa PTN ini mengatakan tes akan dilakukan secara objektif, adil dan akuntabel.

UTBK nantinya akan dilaksanakan di PTN sebagai pelaksana Pusat UTBK PTN di bawah koordinasi dan tanggung jawab LTMPT. Periode tes yang ditentukan secara nasional dan akan diselenggarakan dalam dua gelombang.

Setiap gelombang dilaksanakan selama tujuh hari secara berurutan dan setiap hari dilakukan dua sesi.

Jadwal UTBK dilakukan dengan mempertimbangkan jadwal atau kalender akademik dan kegiatan akademik nasional untuk siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA).

Enam persyaratan peserta UTBK:

  1. Memiliki akun LTMPT
  2. Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 pada tahun 2021 atau peserta didik Paket C tahun 2021 dengan umur maksimal 25 tahun per 1 Juli 2021.
  3. Lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat tahun 2019 dan 2020 atau lulusan Paket C tahun 2019 dan 2020 dengan umur maksimal 25 tahun per 1 Juli 2021.
  4. Persyaratan Peserta:
    - Peserta yang akan memilih program studi Saintek, maka mengikuti TPS dan TKA Saintek.
    - Peserta yang akan memilih prodi Soshum maka mengikuti TPS dan TKA Soshum.
    - Peserta yang akan memilih prodi campuran (Saintek dan Soshum), maka mengikuti TPS, TKA Saintek dan TKA Soshum.
  5. Hasil UTBK 2021 hanya berlaku untuk penerimaan tahun 2021.
  6. Membayar biaya UTBK.

Materi UTBK 2021 dibagi dua, yakni

  1. Tes Potensi Skolastik (TPS)
    TPS mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam TPS yang akan diuji adalah kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup pengetahuan dan penguasaaan Matematika Dasar. Pada TPS, sebagian soal disajikan dalam Bahasa Inggris.
  2. Tes Kompetensi Akademik (TKA)
    Mengukur pengetahuan dan pemahaman ilmu yang diajarkan di sekolah dan diperlukan untuk seseorang dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Penekanan tes adalah pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Tiga Kelompok UTBK 2021:

  1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek)
    Materi ujian akan terdiri dari TPS dan TKA Saintek, seperti matematika, fisika, kimia, dan biologi. Alokasi waktu yang diberikan penyelenggara 195 menit.
  2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora
    Materi ujian TPS dan TKA soshum, seperti geografi, sejarah, sosiologi, dan ekonomi. Alokasi waktu yang diberikan penyelenggara 195 menit.
  3. Kelompok Ujian Saintek dan Soshum
    Materi ujian TPS serta TKA saintek dan TKA soshum. Alokasi yang diberikan lebih lama, yakni 285 menit.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

SNMPTN UTBK
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top