Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Soal Rangkap Jabatan Risma, HNW: Seharusnya Dia Memberi Keteladanan

Hidayat Nur Wahid mengatakan bahwa rangkap jabatan dilarang dalam UU Pemda dan UU Kementerian Negara.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 24 Desember 2020  |  11:44 WIB
Hidayat Nur Wahid-JIBI - Samdysara Saragih
Hidayat Nur Wahid-JIBI - Samdysara Saragih

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid turut menyoroti soal rangkap jabatan Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial dan Wali Kota Surabaya.

Hidayat yang juga merupakan Wakil Ketua MPR RI ini mengatakan bahwa rangkap jabatan dilarang dalam UU Pemda dan UU Kementerian Negara. Pernyataan itu disampaikan untuk menanggapi klaim Menteri Sosial Tri Rismaharini yang diizinkan rangkap jabatan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Pakar Kritik Klaim Risma Rangkap Jabatan Mensos & Walikota seizin @jokowi. Krn rangkap jabatan itu dilarang UU Pemda & UU Kementrian Negara," kata Hidayat lewat akun twitternya dikutip Kamis (24/12/2020).

Dia menilai Risma mestinya mengawali jabatannya dengan keteladan hukum serta fokus melaksanakan amanah sebagai Mensos.

"Mestinya Risma awali dg keteladanan hukum & focus laksanakn amanah sbg Mensos, krn Risma gantikn Mensos yg ditangkap KPK," ujarnya.

Sebelumnya, Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai pengangkatan Risma memiliki problematika tersendiri. Pasalnya di waktu yang sama, Risma diketahui masih menjabat sebagai Walikota Surabaya.

"Rangkap jabatan juga diakui oleh Risma telah mendapat izin Presiden. Lewat pengakuan Risma, kita bisa melihat inkompetensi dan tidak berpegangnya dua pejabat publik pada prinsip etika publik. Yang pertama adalah Risma sendiri, kedua adalah Presiden RI Joko Widodo," kata Peneliti ICW Wana Alamsyah, Kamis (24/12/2020).

Menurut Wana pejabat publik semestinya memiliki kemampuan untuk memahami peraturan dan berorientasi pada kepentingan publik.

Seperti diketahui, Tri Rismaharini dilantik menjadi Menteri Sosial oleh Presiden Jokowi pada Rabu (23/12/2020). Risma menjadi Mensos untuk menggantikan Juliari P. Batubara yang tersangkut kasus suap bansos Covid-19.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi hidayat nur wahid mensos Wali Kota Surabaya tri rismaharini
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top