Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pelantikan Menteri Baru, Rocky Gerung: Presiden Jokowi Gagal Baca Sinyal

Menurut dia seharusnya para menteri baru menjadi simbol pemerintah untuk mencitrakan diri pro toleransi, dari sisi ekonomi, sosial, hingga budaya.
Presiden Joko Widodo memperkenalkan enam menteri baru di Kabinet Indonesia Maju / Dok: Setpres RI
Presiden Joko Widodo memperkenalkan enam menteri baru di Kabinet Indonesia Maju / Dok: Setpres RI

Bisnis.com, JAKARTA - Reshuffle kabinet Indonesia Maju kali ini menurut pengamat politik Rocky Gerung adalah tanda bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) gagal membaca sinyal sosial saat ini. 

Menurut dia seharusnya para menteri baru menjadi simbol pemerintah untuk mencitrakan diri pro toleransi, dari sisi ekonomi, sosial, hingga budaya. Seperti diketahui, dalam beberapa waktu terakhir persatuan dan toleransi menjadi satu isu besar di Indonesia.

"Itu tidak terbaca di dalam reshuffle sekarang," kata Rocky melalui akun YouTube Rocky Gerung Official berjudul "Kabinet Baru, Kabinet 'Mencekam' Lupakan Perjuangan Emak-emak" yang diunggah Rabu (23/12/2020).

Para menteri baru, terutama pada bidang ekonomi, tidak mampu mendeteksi kebutuhan rakyat. Di awal video ini Rocky menyebutkan bahwa seluruh menteri sekarang akhirnya satu paradigma, yaitu monetarisme dan neoliberalisme.

Adapun Presiden Jokowi resmi melantik enam menteri Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta pada Rabu (23/12/2020).

Pelantikan menteri baru pada Kabinet Indonesia Maju sisa periode jabatan 2019-2024 ini dilakukan sekitar pukul 10.30 WIB. Wakil Presiden Ma'ruf Amin nampak turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam pelantikan tersebut.

Proses pelantikan itu dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan ketat mengingat saat ini Indonesia masih menghadapi pandemi Covid-19.

Pelantikan tersebut berdasarkan pada Keputusan Presiden RI Nomor 133/P tahun 2020 tentang Pengisian dan Penggantian Beberapa Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Tahun 2019-2024 dan Keputusan Presiden RI Nomor 76/M tahun 2020 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Tahun 2019-2024.

Berikut ini daftar keenam menteri yang dilantik Presiden Jokowi pada hari ini:

1. Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial

2. Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan

3. Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama

4. Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan

5. Muhammad Lutfi sebagai Menteri Perdagangan

6. Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Selain melantik menteri baru, Jokowi juga melantik wakil menteri dan dua kepala badan pada hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper