Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Real Count Pilkada Karawang: 'Crazy Rich' Karawang Haji Aep Kian Melesat

Maju dalam Pilkada Karawang sebagai calon wakil Bupati, mendampingi Bupati petahana dr. Cellica Nurrachadiana, yang akrab disapa Teh Cellica, Haji Aep tercatat sebagai calon wakil kepada daerah dengan kekayaan fantastis.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 10 Desember 2020  |  19:19 WIB
Haji Aep alias Aep Aep Syaepulloh, calon wakil Bupati Karawang. - Istagram
Haji Aep alias Aep Aep Syaepulloh, calon wakil Bupati Karawang. - Istagram

Bisnis.com, JAKARTA - Memiliki harta kekayaan berlimpah, Haji Aep layak disebut 'crazy rich' Karawang. Istilah itu menggambarkan jumlah harta kekayaan Haji Aep yang 'gila-gilaan' banyaknya.

Maju dalam Pilkada Karawang sebagai calon wakil Bupati, mendampingi Bupati petahana dr. Cellica Nurrachadiana, yang akrab disapa Teh Cellica, Haji Aep tercatat sebagai calon wakil kepada daerah dengan kekayaan fantastis.

Pengusaha asal Karawang bernama lengkap Aep Syaepuloh ini, berdasarkan data di situs elhkpn.kpk.go.id, tercatat memiliki harta hampir Rp400 miliar.

Tepatnya, harta kekayaan Haji Aep di Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di situs Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tercatat sebesar Rp391.744.609.664.

Perinciannya, dia memiliki 203 bidang tanah dan bangunan dengan nilai total Rp289.429.425.000. Tanah dan bangunan milik Aep tersebar di Karawang, Purwakarta, dan Subang.

Dia juga tercatat memiliki harta 8 alat transportasi dan mesin yakni motor merek Harley Davidson, mobil merek Hummer, Mini Toyota, dan Lexus senilai Rp5.845.000.000.

Dia tercatat memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp7.000.000.000 serta surat berharga sejumlah Rp9.776.000.000.

Kemudian, kas dan setara kas Haji Aep senilai Rp14.792.610.058. Sementara itu, ia juga memiliki harta lainnya senilai Rp65.474.136.606 serta juga tercatat tidak memiliki utang.


Pasangan Cellica-Aep berhadapan dengan Yesi Karya Lianti - Ahmad Adly Fairuz dan pasangan Ahmad Zamakhsyari - Yusni Rinzani.

Hingga Kamis (10/12/2020) pukul 18.15.13 WIB, suara yang dikumpulkan pasangan Cellica-Aep mencapai 58,8 persen dari total suara yang sudah dihitung. 

Kontestan lain, Yesi Karya Lianti - Ahmad Adly Fairuz misalnya hanya meraih 12,1 persen dari total suara yang sudah dihitung. Adly Fairuz dikenal sebagai artis dan sempat disebut-sebut sebagai cucu Wapres Ma'ruf Amin. Belakangan ada penjelasan Jubir Wapres yang menyebutkan Adly Fairuz bukan cucu kandung Wapres.  

Sementara itu pasangan Ahmad Zamakhsyari - Yusni Rinzani meraih 29,1 persen dari total surat suara yang sudah dihitung. Seperti diketahui, Ahmad Zamakhsyari adalah petahana wakil Bupati Karawang yang sebelumnya mendampingi Cellica.

Saat Cellica dan Ahmad Zamaksyari berduet pada pilkada 2015, mereka maraup suara mayoritas 51,06 persen atau sebanyak 533.240 suara. Pasangan ini kemudian dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Karawan oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan pada 17 Februari 2016.

Kini, setelah pecah kongsi, Cellica sementara memimpin dengan raihan suara mayoritas. Sedangkan Ahmad Zamakhsyari  berada di posisi kedua.

Meski data real count yang terkumpul baru berasal dari surat suara di 757 TPS (total 4451 TPS) alias baru mencapai 17,01 persen dari keseluruhan, persentase capaian suara Cellica - Aep terlihat jauh meninggalkan kontestan lainnya.

Sementara, berdasar hitung cepat yang dilakukan lembaga survei Indikator Politik Indonesia pada Rabu (9/12/2020), pasangan nomer urut 2 yakni Cellica Nurrachadiana dan Aep Syaefullah unggul 60,16 persen.

Selanjutnya, pasangan calon nomor urut 3  Ahmad Zamakhsyari dan Yusni Rinzani memperoleh 29,14 persen suara. 

Sedangkan pasangan nomor urut 1 Yesi Karya Lianti dan Ahmad Adly Fayruz berada di paling bawah dengan 10,70% persen suara.

Hasil hitung cepat tersebut berasal dari data yang telah masuk sebesar 99,50%.

Motor Mewah dan Medsos

Sebelum pemungutan suara berlangsung, paslon Cellica - Aep sempat menyita perhatian publik lantaran datang ke KPU Karawang dengan arak-arakan motor mewah saat hendak melakukan pendaftaran.

Mendagri Tito Karnavian pun memberikan teguran keras terhadap Cellica lantaran tidak mematuhi protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19.

Selain itu, Haji Aep juga sempat muncul dalam media sosial acara prank di saluran youtube Gus Aldi dengan judul PRANK SHOLAWAT ORANG TERKAYA DIKARAWANG !! SAMPE JADI AHLI WARIS.

Dalam prank ini, Haji Aep dikerjain Gus Aldi dengan berbagai candaan.

"PRANK SHOLAWAT kali ini aku ngerjain orang terkaya dikarawang duitnya banyak banget bikin sultan juki murka gaes... akhirnya dengan lobi yang panjang dan merencanakan ngerjain pak haji para tim nya setuju untuk bisa bantu aku kerjain beliau prank taxi online sholawat kali ini aku akan bikin pak haji Aep kewalahan gak bisa nahan ketawa lagi... yuk nonton aja...cekicus," tulis Gus Aldi, yang memiliki 2,09 juta subscriber.

Video prank Haji Aep sendiri ditonton hingga hari ini, Kamis (10/12/2020) tercatat ditonton sampai 1.264.138 kali.

Berikut video dimaksud:

  

Bila real count KPU menghasilkan kemenangan untuk pasangan Cellica-Aep, maka Karawang untuk lima tahun ke depan akan dipimpin duet dokter dan orang tajir yang layak digelari Sultan Karawang.  


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

karawang Pilkada Serentak

Sumber : Bisnis.com/KPU

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top