Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Survei Indo Barometer: Dinasti Politik Ngga Mempan di Pilkada Tangsel?

Indo Barometer mengatakan elektabilitas paslon Benyamin Davnie - Pilar Saga Ichsan unggul jika dibandingkan dua paslon lainnya di Pilkada Tangsel.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 07 Desember 2020  |  18:02 WIB
Tiga pasang Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan menunjukan nomor urutnya di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (24/9/2020). Pilkada Tangsel diikuti tiga pasang calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota yakni pasangan nomor urut satu Muhammad (diwakilkan) - Rahayu Saraswati (kiri), nomor urut dua Siti Nurazizah - Ruhamaben (tengah) dan nomor urut tiga Benyamin Davnie - Pilar Saga Ichsan (kanan). - Antara/Muhammad Iqba\r\n
Tiga pasang Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tangerang Selatan menunjukan nomor urutnya di Serpong, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (24/9/2020). Pilkada Tangsel diikuti tiga pasang calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota yakni pasangan nomor urut satu Muhammad (diwakilkan) - Rahayu Saraswati (kiri), nomor urut dua Siti Nurazizah - Ruhamaben (tengah) dan nomor urut tiga Benyamin Davnie - Pilar Saga Ichsan (kanan). - Antara/Muhammad Iqba\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil Survei Indo Barometer di Kota Tangerang Selatan pada 20-25 November 2020 menunjukkan bahwa elektabilitas calon wali kota Tangerang Selatan yakni Benyamin Davnie - Pilar Saga Ichsan unggul tipis jika dibandingkan dua paslon lainnya.

Perinciannya, elektabilitas pasangan tersebut mencapai 34 persen, kemudian Muhamad - Rahayu Saraswati 20,8 persen, dan Siti Nurazizah - Ruhamaben 10,5 persen.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari mengatakan bahwa jika temuan survei ini bertahan sampai dengan pelaksanaan pilkada, maka dapat dikatakan bahwa menjadi dinasti politik bukan menjadi jaminan kemenangan.

Adapun, Pilar Saga Ichsan sebagai calon wakil wali kota dari Benyamin Davnie pada Pilkada 2020 ini diketahui sebagai keponakan dari Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

“Diperlukan suatu ikhtiar agar masyarakat mengenal dan yakin dengan kualitas kepribadian dan kemampuan seorang calon. Gagal membangun tingkat pengenalan dan persepsi kualitas yang baik akan berujung pada kegagalan politik,” ujarnya dalam acara Rilis Hasil Survei Pilkada Tiga Potret Nasib Dinasti Politik di Pilkada 2020, Senin (7/12/2020).

Adapun, Rahayu Saraswati diketahui merupakan keponakan dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, sedangkan Siti Nurazizah merupakan putri Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Lebih lanjut, Qodari menyampaikan bahwa paslon Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan cukup diuntungkan oleh empat latar belakang politik di Kota Tangsel di mana Golkar unggul dalam pemilu legislatif 2014 dan 2019.

Selain itu, calon Golkar juga unggul di pilkada wali kota 2010 dan 2015, dan calon Golkar menang di pilkada gubernur Banten 2013 dan 2018.

Kendati demikian, Wapres Maruf Amin sebagai ayah kandung Siti Nur Azizah juga menang di pilpres 2019 namun dengan angka tipis di Tangsel.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tangerang selatan politik dinasti Pilkada 2020
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top