Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Efek Covid-19: Jika 286 Juta Penduduk Terpapar, Ini Potensi Kematiannya

Guru Besar FFUI: COVID-19 timbulkan efek berbahaya bagi penderita
Ilustrasi - Tenaga kesehatan dan kerabat membawa jenazah seorang pria, yang meninggal dunia akibat penyakit  Covid-19 dari ambulans ke krematorium di New Delhi, India, Jumat (13/11/2020)./Antara-Reuters
Ilustrasi - Tenaga kesehatan dan kerabat membawa jenazah seorang pria, yang meninggal dunia akibat penyakit Covid-19 dari ambulans ke krematorium di New Delhi, India, Jumat (13/11/2020)./Antara-Reuters

Bisnis.com, DEPOK - Covid-19 memberikan dampak yang berbahaya bagi para penderitanya. Tingkat kematian pun akan tinggi jika seluruh populasi terpapar Covid-19 dan tak terlindungi vaksin.

Selain berbahaya bagi penderita yang memiliki penyakit bawaan, Covid-19 juga berbahaya bagi penderita yang masuk kategori usia produktif.

Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Indonesia (FFUI) Bidang Mikrobiologi Prof. Dr. Maksum Radji, M. Biomed., Apt., menyebutkan pentingnya pola hidup bersih dan sehat atau PHBS untuk mencegah bahaya infeksi Covid-19.

"Apalagi dalam proses transmisinya yaitu pasien terinfeksi namun tidak menunjukan gejala, sehingga kita harus tetap melakukan protokol kesehatan, yaitu Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Ikuti aturan pemerintah terkait 3M, dan kontrol ketat penyakit penyerta," kata Maksum Radji dalam keterangannya, Minggu (6/12/2020).

Maksum mengatakan bahwa sistem pertahanan tubuh diklasifikasikan menjadi non-spesifik yang merupakan pertahanan pertama yang tersusun dari fisik humoral (komplemen, interferon, TNF) seluler (fagosit dan NK).

Selain itu, ada sistem kekebalan lain yaitu adaptive immunity yang dapat dipicu dari paparan terhadap penyebab kuman salah satunya melalui vaksinasi ataupun paparan langsung secara alami.

Sistem adaptif ini memicu pembentukan antibodi yang akan memicu pertahanan imunitas seluler.

Herd immunity atau kekebalan komunitas, kata Prof. Maksum, baru tercapai apabila 60 hingga 80 persen masyarakat suatu populasi terpapar secara alami ataupun melalui vaksinasi.

Jika dari hasil paparan alami, dari 286 juta penduduk, maka sekitar 160-215 juta penduduk akan terinfeksi dengan kemungkinan 9,1 juta-12,2 juta penduduk akan meninggal (prediksi case fatality rate (CFR) 5,7 persen).

"Untuk itu, mengingat tingginya CFR, maka saat ini para peneliti di dunia berkolaborasi dalam mempersiapkan vaksin. Harapannya, vaksin dapat menstimulasi pembentukan antibodi terhadap penyebab Covid-19. Dengan mempertimbangkan CFR tersebut, herd immunity diharapkan dapat dicapai melalui vaksin," ujar Prof. Maksum.

Ia menambahkan dengan vaksinasi diharapkan masyarakat yang telah diimunisasi menjadi pelindung bagi kelompok kecil lainnya yang belum mendapatkan imunisasi.

Dalam proses herd immunity melalui vaksinasi, kepatuhan terhadap protokol kesehatan harus tetap berlanjut selama bertahun-tahun karena masih diperlukan studi terkait efektivitas vaksin apakah 6 bulan 1 tahun atau lebih.

Prof. Maksum juga mengatakan, jika vaksin sudah diumumkan aman oleh regulator, terdapat prioritas penerima dari pemerintah, yaitu:

  • Pertama, tenaga kesehatan
  • Kedua, orang yang kontak erat dengan pasien positif
  • Ketiga, petugas publik, ASN
  • Keempat, tenaga pendidik, dan
  • Kelima, masyarakat umum

Dia menekankan pentingnya upaya pencegahan penularan sebelum adanya vaksin ataupun efek post surveillance marketing setelah vaksinasi diumumkan.

Ia merekomendasikan untuk mematuhi Protokol 3M (menggunakan masker dengan benar, menjaga jarak hindari kerumunan, dan mencuci tangan pakai sabun atau cairan pembersih tangan), kesiapan pemerintah dalam memutus Covid-19, konsistensi lembaga masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan, herd immunity dicapai oleh vaksinasi, serta menjalankan gaya hidup sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper