Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tujuh Fakta Kepulangan Rizieq Shihab ke Indonesia

Setelah 3,5 tahun di Arab Saudi, Rizieq Shihab akhirnya kembali ke RI. Imam Besar FPI itu disambut lautan massa, mulai dari Bandara Soekarno-Hatta hingga Petamburan. Berikut tujuh fakta terkait kepulangan Habib Rizieq ke Indonesia.
Imam Besar FPI Rizieq Shihab kembali ke Indonesia setelah 3,5 tahun berada di Arab Saudi / Antara Foto - Muhammad Iqbal
Imam Besar FPI Rizieq Shihab kembali ke Indonesia setelah 3,5 tahun berada di Arab Saudi / Antara Foto - Muhammad Iqbal

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah 3,5 tahun bermukim di Arab Saudi, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab akhirnya kembali ke tanah air kemarin, Selasa (10/11/2020).

Berdasarkan informasi, Rizieq dan keluarganya berangkat dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah pada Senin (9/11/2020) pukul 19.30 waktu Jeddah atau 23.30 WIB. Rombongan mendarat di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta Jakarta keesokan hari pukul 08.37 WIB.

Mengetahui kedatangan Rizieq ke Indonesia, simpatisan pimpinan gerakan 212 itu berbondong-bondong datang ke Terminal 3 Soekarno Hatta dengan mayoritas menggunakan pakaian serba putih.

Tidak hanya di Bandara, kerumunan massa ini ikut mengantar Rizieq hingga ke kediamannya di daerah Petamburan, Jakarta Pusat. Meski ramai, proses tersebut berjalan tertib dan tidak ada laporan kerusuhan maupun keributan yang terjadi pada peristiwa penyambutan pimpinan ormas Islam tersebut. 

Berikut tujuh fakta terkait kepulangan Rizieq Shihab ke Indonesia kemarin. 

1. Akses Jalan ke Bandara Soetta Lumpuh Total

Ruas Tol Prof. Dr. Ir, Sedyatmo arah Bandara Soekarno-Hatta lumpuh akibat kemacetan panjang yang terjadi dikarenakan ribuan pendukung Rizieq menjemputnya di Bandara.

2. Disambut Lautan Massa Pendukung

Ribuan pendukung Rizieq Shihab memadati Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta maupun akses jalan menuju Bandara. Sebagian massa juga sudah menunggu di daerah kediaman Rizieq di Petamburan, Jakarta Pusat.

Tak hanya ribuan, FPI bahkan mengklaim jutaan pengikut FPI hadir dalam penjemputan kepulangan Rizieq. Namun, belum ada data resmi jumlah massa yang hadir menyambut kedatangan Rizieq. Secara kasat mata yang terekam melalui video-video yang beredar, massa yang hadir memang sangat banyak hingga menutupi ruas jalan.

Tujuh Fakta Kepulangan Rizieq Shihab ke Indonesia

3. Trending Topic di Twitter

Kembalinya Rizieq ke Indonesia tidak hanya ramai di jalanan tetapi juga menjadi trending topic di media sosial Twitter. Cuitan berisi kepulangan Rizieq dimulai dari malam sebelum kedatangan pimpinan FPI itu. Beberapa tagar yang menjadi trending diantaranya #WelcomeHomeHRS, #WelcomeBackIBHRS, #SelamatDatangHabibana, #AhlanWaSahlanIBHRS, dan juga namanya sendiri Habib Rizieq.

4. Penumpang Jalan Kaki, Maskapai Reschedule Jadwal Penerbangan

Kemacetan menuju bandara yang terjadi akibat kepadatan massa simpatisan Rizieq memaksa calon penumpang turun dari kendaraannya. Banyak di antara penumpang yang memutuskan untuk berjalan kaki atau mengganti kendaraan dengan motor. Kondisi tersebut terpantau melalui akun Instagram @Jktinfo.

Kepadatan massa juga berdampak pada pembatalan keberangkatan pesawat. Beberapa maskapai memberlakukan pembebasan biaya reschedule ataupun refund tiket bagi penumpang yang terdampak lumpuhnya tol menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

5. Pernikahan Najwa Shihab

Habib Rizieq rencananya akan menikahkan putrinya, Syarifah Najwa Shihab, pada Sabtu 14 November 2020 mendatang. Najwa merupakan anak keempat Rizieq dari pernikahannya dengan Syarifah Fadhlun.

6. Klaster Covid-19

Kepadatan massa simpatisan Rizieq membuat banyak pihak khawatir munculnya klaster Covid-19. Tampak melalui video maupun foto yang tersebar di media massa dan juga media sosial, protokol kesehatan tidak dijalankan dengan disipilin.  Selain tidak bisa menjaga jarak, banyak simpatisan yang bandel lantaran tidak memakai masker. 

Tujuh Fakta Kepulangan Rizieq Shihab ke Indonesia

7. Agenda Rizieq di Indonesia

Saat kedatangannya Rizieq menyampaikan beberapa agendanya di Indonesia, diantaranya melakukan revolusi akhlak, memerangi perkara tindak pidana korupsi, dan mendoakan Indonesia agar terbebas dari Covid-19. Keterangan ini disampaikan Rizieq saat berada di mobil komando FPI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper