Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pertama Kali, Arab Saudi Tuan Rumah Formula 1 Tahun 2021

Balapan itu merupakan bagian dari kemitraan 15 tahun antara Saudi Automobile and Motorcycle Federation dan Formula 1.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 06 November 2020  |  07:38 WIB
Tim Williams Racing  - Twitter
Tim Williams Racing - Twitter

Bisnis.com, JAKARTA - Arab Saudi mengumumkan akan menjadi tuan rumah Grand Prix Formula 1 di kota pesisir Laut Merah Jeddah pada November 2021.

Saat mengumumkan ajang balapan itu dalam sebuah upacara di tepi pantai Jeddah, Menteri Olahraga Pangeran Abdul Aziz bin Turki Al-Faisal mengatakan bahwa acara penting itu akan meningkatkan jumlah wisatawan ke Kerajaan Arab Saudi.

“Selamat datang di Formula 1 dan selamat datang para juara,” kata Pangeran Abdul Aziz seperti dikutip ArabNews.com, Jumat (6/11/2020).

Dia mengatakan, bahwa balapan tersebut akan membantu Arab Saudi menjadi pusat acara olahraga internasional. Dia mengakui masyarakat Arab Saudi ingin selalu menjadi pusat acara olahraga dan kegiatan internasional terpenting. Apalagi, kali ini merupakan kesempatan pertama untuk mengikuti balapan Formula 1 di tanah Saudi.

“Balapan Formula 1 akan menjadi peluang besar di masa depan untuk lebih mempromosikan perkembangan positif di masyarakat, memberikan lebih banyak pilihan untuk memperkaya kehidupan komunitas kita dan mendorongnya untuk menguji pengalaman baru,” tambah Pangeran Abdul Aziz.

Balapan itu merupakan bagian dari kemitraan 15 tahun antara Saudi Automobile and Motorcycle Federation dan Formula 1.

Jeddah Corniche akan menjadi titik awal dan akhir balapan dan berbagai acara rekreasi dan budaya akan menambah hiburan bagi penonton.

Pangeran Khalid bin Sultan Al-Faisal, ketua Federasi Mobil dan Sepeda Motor Arab Saudi, mengatakan bahwa negara itu memenuhi syarat untuk menjadi tuan rumah acara seperti balapan Formula 1.

Arab Saudi telah belajar banyak dari menjadi tuan rumah Reli Dakar, seri Formula E listrik dan acara olahraga lainnya selama dua tahun terakhir, katanya.

Sementara itu, CEO dan Direktur Eksekutif Grup Formula 1, Chase Carey menyambut baik pengumuman tersebut.

“Arab Saudi berkembang pesat menjadi pusat utama olahraga di dunia dan hal itu  terbukti melalui banyak event internasional yang diadakannya beberapa tahun terakhir, dan sekarang akan menjadi tuan rumah salah satu tur Formula 1,” kata Carey.

Dia mengatakan, Arab Saudi merupakan wilayah yang sangat penting baginya dan  menambahkan bahwa sekitar 70 persen penduduk Arab Saudi berusia di bawah 30 tahun.

“Itulah mengapa kami bersemangat untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan mereka dan meningkatkan semangat mereka yang besar untuk Formula 1,” tambah CEO tersebut.

Grand Prix Saudi muncul di kalender F1 sementara untuk 2021 yang telah didistribusikan ke tim balap. Balapan ini diharapkan menjadi balapan terakhir musim 2021, yang akan berakhir dengan Grand Prix Abu Dhabi di sirkuit Yas Marina.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

formula 1 arab saudi
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top