Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menlu AS Tegaskan Aliran Investasi ke Indonesia

Dalam keterangan pers sesudah pertemuan, Menlu Pompeo mengatakan pihaknya tengah mendorong pihak swasta untuk berinvestasi pada bidang infrastruktur dan energi di Indonesia.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 29 Oktober 2020  |  11:58 WIB
Menlu AS Mike Pompeo - Bloomberg/Andrew Harrer
Menlu AS Mike Pompeo - Bloomberg/Andrew Harrer

Bisnis.com, JAKARTA - Penguatan hubungan dagang dan aliran investasi menjadi salah satu topik dalam pertemuan bilateral antara Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Michael Pompeo dan Menlu Retno LP Marsudi.

Dalam keterangan pers sesudah pertemuan, Pompeo mengatakan pihaknya tengah mendorong pihak swasta untuk berinvestasi pada bidang infrastruktur dan energi di Indonesia.

"Kami bekerja dengan Development Finance Corporation, menggunakan perangkat di AS untuk mempromosikan investasi sektor swasta yang bisa didukung, khususnya di bidang energi dan infrastruktur," katanya dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (29/10/2020).

Pompeo mengapresiasi reformasi Indonesia di bidang transparansi dan pemberantasan korupsi yang masih berlangsung di Indonesia. Dia mendorong upaya tersebut terus dikejar untuk memberi kepastian hukum bagi pemodal asing dan sebagai bagian dari penguatan hubungan ekonomi kedua negara.

Selain ekonomi, keduanya juga membicaraka isu geopolitik seputar visi Indopasifik yang damai dan terbuka. Pompeo juga menyinggung konflik di perairan Natuna yang melibatkan Pemerintah Indonesia dan China. Dia mengaku menghormati upaya kuat Indonesia dalam melindungi hak maritim dan melawan agresi China di Laut China Selatan.

"Saya mengharap kerja sama lebih lanjut untuk melindungi kedaultan di perairan untuk jalur perdagangan paling sibuk di dunia itu," ujarnya.

Tak lupa, kerja sama kontraterorisme antara kedua negara yang sudah berlangsung dua dekade juga disinggung. Pompeo mengatakan sebagai negara demokrasi terbesar di dunia, AS mendukung upaya Indonesia untuk memberantas terorisme dengan penegakan hukum.

Mengenai pandemi, Pompeo mengatakan sektor swasta AS tengah berupaya memproduksi sejumlah kandidat vaksin yang diharapkan bisa bermanfaat pula bagi Indonesia di masa depan.

"Saya ingin meyakinkan masyarakat Indonesia bahwa kita akan melewati waktu yang sulit ini bersama-sama," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

investasi amerika serikat menlu as
Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top