Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jokowi Targetkan Hasil Food Estate di Sumut Terlihat dalam 2 Bulan

Presiden Jokowi menyatakan lahan seluas 30.000 hektare di Sumut sudah mulai dimanfaatkan sebagai food estate untuk ditanami kentang, bawang putih dan bawang merah.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 27 Oktober 2020  |  14:51 WIB
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kiri) dan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan (kanan) menyampaikan keterangan pers usai meninjau perkembangan food estate di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara, Selasa 27 oktober 2020 / Youtube Setpres
Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (kiri) dan Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan (kanan) menyampaikan keterangan pers usai meninjau perkembangan food estate di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatra Utara, Selasa 27 oktober 2020 / Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkirakan kawasan lumbung pangan atau food estate di Sumatra Utara mulai memperlihatkan hasil dalam kurun 2 bulan hingga 2,5 bulan ke depan.

“Ini sudah dimulai, kita lihat hasilnya kira-kira nanti dalam 2 bulan sampai 2,5 bulan,” kata Jokowi saat meninjau perkembangaan food estate kdi Kabupaten Humbang Hasundutan, Selasa (27/10/2020).

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menyatakan di atas lahan dengan total luas 60.000 hektare, 30.000 hektare di antaranya mulai dimanfaatkan sebagai food estate dan tengah ditanami kentang, bawang putih, dan bawang merah.

Adapun, lahan yang kini mulai digarap tersebut tersebar di tiga wilayah Sumatra Utara yakni di Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Tapanuli Tengah, dan Kabupaten Pakpak Bharat.

Kepala Negara pun menyampaikan bahwa program food estate di Sumatra Utara ini bisa menjadi percontohan bagi provinsi lain yang akan menjalankan program serupa.

“Saya rasa kita ingin melihat model bisnis dan proses bisnis yang akan dilakukan di sini seperti apa. Hitung-hitungannya sudah ada dan ini akan jadi contoh untuk provinsi-provinsi lain yang ingin membuat food estate," ujar Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyatakan bahwa proyek food estate yang ada di Sumut ini berbeda dengan yang ada di Kalimantan Tengah.

Bahan pangan yang dihasilkan di lumbung pangan di Humbang Hasundutan,kata Jokowi, berbeda dengan yang dihasilkan di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng). Di lumbung pangan Pulau Borneo itu, food estate akan menghasilkan padi dan singkong.

"Sudah dua kali saya ke Kalteng, di sana akan dibangun food estate khusus untuk padi, dan untuk singkong," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga sempat mengutarakan rencana pemerintah untuk memperluas pembangunan lumbung pangan atau food estate untuk mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Wilayah yang menjadi sasaran untuk pembangunan food estate ialah adalah Nusa Tenggara Timur, Sumatera Selatan, hingga Papua.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi sumatra utara food estate
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top