Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Vaksin Covid-19 Ditaksir Rp200.000 per Dosis, Bio Farma Sebut Kemungkinan Gratis

Bio Farma memperkirakan harga vaksin Covid-19 bisa mencapai Rp200.000 per dosis. Namun, perseroan berharap harga vaksin bisa ditekan lebih murah, bahkan gratis
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 19 Oktober 2020  |  19:02 WIB
Botol vaksin CoronaVac SARS-CoV-2 Sinovac ditampilkan di acara media di Beijing, China, pada 24 September.  - Bloomberg\r\n
Botol vaksin CoronaVac SARS-CoV-2 Sinovac ditampilkan di acara media di Beijing, China, pada 24 September. - Bloomberg\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA – PT Bio Farma (Persero) melansir perkiraan harga vaksin Covid-10, yaitu sekitar Rp200.000 per dosis.

Corporate Secretary PT Bio Farma (Persero) Bambang Heriyanto mengatakan kisaran harga tersebut menggunakan asumsi bahan baku vaksin berasal  dari Sinovac, perusahaan yang digandeng oleh Bio Farma.

“Ini kan tujuannya agar tidak memberatkan pemerintah dan masyarakat. Itu [kisaran harga] masih kurang lebih, mudah-mudahan bisa lebih murah atau malahan gratis,” kata Bambang dalam konferensi pers, Senin (19/10/2020).

Sampai saat ini, skema pembiayaan untuk vaksin mandiri masih belum final. Muncul opsi  pembiayaan ditanggung oleh pemerintah atau dibebankan kepada masyarakat. Opsi lain adalah campuran ; ada yang ditanggung pemerintah dan sebagian dibebankan kepada masyarakat.

Yang jelas, pemerintah sudah mengalokasikan anggaran untuk vaksinasi 9,1 juta orang untuk tenaga kesehatan dan pekerja pelayanan publik.

Sembari menunggu kesiapan vaksin, Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito mengimbau agar masyarakat juga tidak memandang vaksin sebagai satu-satunya jalan keluar dari pandemi Covid-19. 

Pemerintah selama ini sudah mengajak masyarakat untuk memerangi Covid-19 dengan melakukan perubahan perilaku khususnya menjalankan protokol kesehatan, dengan mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. 

“Mari kita seluruhnya disiplin mempraktikkan menjalankan protokol kesehatan 3M ini sehingga bisa melindungi keseluruhan masyarakat. Semakin banyak yang melakukan 3M semakin baik, sambil menunggu vaksin,” kata Wiku. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Vaksin bio farma
Editor : Rivki Maulana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top