Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Progres Terkini Produksi Vaksin Covid-19 di Bogor

Menristek Bambang Brodjonegoro meninjau pabrik PT Biotis Prima Agrisindo sebagai langkah persiapan produksi vaksin Covid-19.
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com 17 Oktober 2020  |  12:55 WIB
Sebuah botol kecil berlabel Vaksin diletakkan di dekat jarum suntik medis di depan tulisan Coronavirus Covid-19
Sebuah botol kecil berlabel Vaksin diletakkan di dekat jarum suntik medis di depan tulisan Coronavirus Covid-19" pada (10/4/2020). - Antara\\r\\n

Bisnis.com, Jakarta - Menteri Riset dan Teknologi yang sekaligus menjabat Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Brodjonegoro melakukan inspeksi ke pabrik PT Biotis Prima Agrisindo (BPA) di Bogor, Jumat (16/10/2020). Pabrik ini rencananya akan jadi salah satu pusat produksi vaksin Covid-19 oleh Bio Farma.

“Perlu sekali kami untuk melihat kesiapan dan kemampuan dari calon-calon pabrik vaksin Covid-19, mengingat Bio Farma dengan segala pengalamannya tentu perlu dukungan pemerintah dan swasta industri farmasi dalam memproduksi vaksin,” kata Bambang dalam keterangan tertulisSabtu (17/10/2020).

BPA sebelumnya merupakan perusahaan pengembang dan produsen vaksin hewan, yang saat ini baru saja mendapatkan izin industri farmasi khusus pengembangan farmasi manusia.  Perusahaan ini memiliki fasilitas ruang produksi vaksin aktif, ruang produksi vaksin inaktif, serta laboratorium penguji bio safety level 3.

Dalam paparan tersebut, Bambang secara terbuka juga mengundang perusahaan-perusahaan yang tertarik untuk membantu pengembangan vaksin agar bergabung ke dalam proyek pemerintah. Kendati registrasi dan semua produksi akan dilakukan Bio Farma, swasta akan dilibatkan agar vaksin bisa terdistribusi secara menyeluruh.

“Nantinya para industri farmasi swasta-swasta ini akan berada di bawah Bio Farma, kita akan melihat mana swasta yang sudah siap dan kita akan hubungkan dengan Bio Farma sehingga dapat dibuat konsorsium produsen vaksin. Kita sangat apresiasi dan mendukung semua niat baik berbagai pihak dan tentunya mengikuti prosedur,” tandasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Vaksin Virus Corona
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top