Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pandu Riono: Vaksinasi Covid-19 pada November Berisiko

Pakar pandemi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Pandu Riono, mengingatkan akan berisiko jika vaksinasi Covid-19 dilaksanakan November tahun ini.
Perusahaan vaksin dari China, CanSino Bio./Istimewa
Perusahaan vaksin dari China, CanSino Bio./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Pakar pandemi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Pandu Riono, mengingatkan akan berisiko jika vaksinasi Covid-19 dilaksanakan November.

Pakar pandemi yang menyebut dirinya sebagai jubah (juru wabah) itu mengingatkan bahwa sekalipun sudah banyak diproduksi oleh China, vaksin Covid-19 tersebut belum diperkuat studi atau evaluasi efektivitas dan efek negatifnya bagi kesehatan manusia.

"Vaksinasi awal November sangat berbahaya. Studi mengenai kemanjuran dan keamanan vaksin harus dipublikasikan dan ditelaah ahli internasional sebelum digunakan," ujar Pandu melalui cuitan di twitternya @drpriono1, Jumat (16/10/2020).

Cuitan Pandu tersebut sebenarnya meneruskan statement-nya saat diwawancarai dan diberitakan oleh laman online The Wall Street Journal edisi Rabu (14/10/20200 di wsj.com.

Dalam postingan berita wsj.com bertajuk Indonesia Weighs Approving Chinese Covid-19 Vaccines for Emergency Use itu, Achmad Yurianto, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, mengatakan belum ditemukan efek negatif serius selama uji coba Vaksin Covid-19 oleh sukarelawan sejak Agusutus tahun ini.

"Uji Coba yang dimulai Agustus tidak menunjukkan adanya efek negatif yang serius. Uji coba dijadwalkan tuntas beberapa bulan lagi, kemungkinan setelah penggunaan darurat (pada November) dimulai di Indonesia," tulis laporan itu.

Achmad Yurianto menambahkan bahwa Indonesia mengirimkan delegasi ke China mulai Rabu (14/10/2020) untuk mengunjungi produsen vaksin Covid-19 dan melihat hasil evaluasi uji klinis mereka.

Jika pemerintah memutuskan melalukan vaksinasi Covid-19 secara terbatas untuk penggunaan secara darurat, maka Indonesia menjadi negara kedua di dunia setelah China yang memutuskan untuk menggunakan vaksin Covid-19 secara massal untuk penggunaan yang bersifat darurat  bagi tenaga medis, anggota militer, dan warga China yang melakukan perjalanan ke negara rawan Covid-19.

Dalam dialog dengan stasiun televisi CNN Indonesia Kamis malam (15/10/2020), Pandu Riono mengingatkan yang vaksin Covid-19 yang ada saat ini baru sebatas 'kandidat vaksin', karena belum diakui sebagai vaksin resmi oleh Badan Kesehatan Dunia atau WHO.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sutarno
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper