Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kasus Positif Covid-19 di Brasil Tembus 5 Juta

Korban tewas di negara itu mendekati 150.000, dengan para ahli memperingatkan gelombang kedua pada negara brasil akan datang lebih cepat. Pasalnya, ketika musim dingin berakhir dan suhu tropis meningkat, warga Brasil berkumpul di pantai yang ramai dan di bar serta restoran tanpa mengambil tindakan pencegahan terhadap pencegahan virus.
Fransisco Primus Hernata
Fransisco Primus Hernata - Bisnis.com 08 Oktober 2020  |  12:50 WIB
Seorang pria berlari melewati ratusan makam yang digali oleh aktivis LSM Rio de Paz di Pantai Copacabana, menyimbolkan warga yang meninggal dunia akibat penyakit  Covid-19 di Rio de Janeiro, Brasil, Kamis (11/6/2020). - Antara/Reuters
Seorang pria berlari melewati ratusan makam yang digali oleh aktivis LSM Rio de Paz di Pantai Copacabana, menyimbolkan warga yang meninggal dunia akibat penyakit Covid-19 di Rio de Janeiro, Brasil, Kamis (11/6/2020). - Antara/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Kasus coronavirus di negara Brasil telah mencapai 5 juta kasus yang dikonfirmasi pada hari Rabu (7 Oktober) menjadikannya salah satu zona paling mematikan di luar Amerika Latin.

Korban tewas di negara itu mendekati 150.000, dengan para ahli memperingatkan gelombang kedua pada negara brasil akan datang lebih cepat. Pasalnya, ketika musim dingin berakhir dan suhu tropis meningkat, warga Brasil berkumpul di pantai yang ramai dan di bar serta restoran tanpa mengambil tindakan pencegahan terhadap pencegahan virus.

Meskipun jumlah kasus harian telah turun dari puncaknya pada bulan Juli, para pakar kesehatan masyarakat memperingatkan bahwa banyak warga Brasil yang mengabaikan tindakan pencegahan jarak sosial dan menghadapi bahaya gelombang kedua dengan kembali ke kehidupan normal sehari-hari terlalu cepat.

Kementerian Kesehatan melaporkan pada hari Selasa (6 Oktober) terdapat 31.553 jumlah kasus baru, meningkat secara total menjadi 5.000.694, dengan tambahan 734 kematian, sehingga jumlah korban menjadi 148.228 meninggal.

Rata-rata hitungan kasus harian yang bergulir minggu lalu adalah 658 kematian perhari, turun dari jumlah 1.073 kematian per hari pada minggu terakhir bulan Juli. Rata-rata kasus baru adalah 26.140 hari, hampir setengah dari angka pada akhir bulan Juli.

Ahli epidemiologi dari Federal University of Rio de Janeiro yaitu Roberto Medronho memperingatkan bahwa jumlahnya bisa jauh lebih tinggi jika terdapat test untuk Covid-19 yang lebih luas.

"Sebentar lagi kita akan mencapai tingkat 150.000 kematian, dan merupakan angka yang sangat menakutkan. Kami melihat pihak berwenang semakin meremehkan anjuran menjaga jarak sosial terlepas dari banyaknya kasus,” ujarnya seperti dikutip dari scmp.com

Presiden sayap kanan Brasil Jair Bolsonaro telah mengecilkan beratnya dampak yang disebabkan oleh virus, meskipun dia telah terinfeksi dan harus diisolasi selama dua minggu.

“Saya khawatir kita akan mengalami gelombang kedua seperti yang terjadi di Eropa, yang merupakan kekhawatiran terbesar bagi para pejabat kesehatan masyarakat,” tambah Medronho

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

brasil Virus Corona
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top