Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Astaga! Donald Trump Terancam Komplikasi Akibat Virus Corona

Usia Donald Trump 74 tahun, yang masuk sebagai kategori lansia, berpotensi mengalami komplikasi karena infeksi virus corona.
Presiden Trump memimpin pertemuan dengan petinggi sejumlah industri di AS, Rabu (29/4/2020)/ Bloomberg - Stefani Reynolds
Presiden Trump memimpin pertemuan dengan petinggi sejumlah industri di AS, Rabu (29/4/2020)/ Bloomberg - Stefani Reynolds

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang terinfeksi Covid-19) menegaskan kembali fakta bahwa orang lanjut usia rentan terhadap virus tersebut. Bahkan juga bisa mengembangkan kondisi yang parah.

Dilansir dari Time, Jumat (2/10/2020), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mencatat sekitar 80 kematian di AS akibat Covid-19 terjadi pada mereka yang berusia 65 tahun atau lebih. Persentase kematian tertinggi di antara pasien lansia dengan Covid-19 misalnya, terjadi di antara mereka yang memiliki kondisi medis lain dan di fasilitas tempat tinggal bersama, seperti panti jompo.

Pada titik ini, Trump yang berusia 74 tahun, tampaknya memiliki banyak faktor risiko yang membuat lansia lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit parah.

Pemeriksaan fisik Trump dari musim panas lalu, mengungkapkan dia memiliki indeks massa tubuh yang mengkategorikannya sebagai obesitas. Itu adalah salah satu faktor risiko untuk mengembangkan Covid-19 yang parah menurut CDC.

Akan tetapi, para ahli kesehatan telah belajar bahwa sulit untuk memprediksi bagaimana tanggapan individu terhadap infeksi. "Ini sama sekali bukan gambar hitam putih. Kami tahu ini adalah penyakit yang sangat aneh dan segala macam hal terjadi.” kata Lesley Russell, asisten profesor di Menzies Center for Health Policy di University of Sydney dan mantan penasihat kebijakan kesehatan untuk Pemerintahan Obama.

Sementara usia lanjut dapat meningkatkan risiko penyakit parah, dokter juga telah belajar lebih banyak dalam beberapa bulan terakhir tentang cara mengurangi risiko tersebut.

Peningkatan kapasitas pengujian yang telah dikritik Trump pada hari-hari awal pandemi, membantu mendeteksi kasus lebih awal, yang memungkinkan dokter untuk memantau pasien dengan lebih baik ketika gejala memburuk.

Meskipun tidak ada obat antivirus yang disetujui secara resmi untuk mengobati Covid-19, ada percobaan obat-obatan seperti remdesivir, yang telah diizinkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS untuk penggunaan darurat untuk mengobati penyakit.

Badan tersebut juga telah mengesahkan steroid dan obat anti-inflamasi lainnya untuk membantu menekan beberapa peradangan yang terkait dengan penyakit parah dan dapat mengganggu kemampuan orang untuk bernapas sendiri.

Kata Dr. Li Yang Hsu, wakil direktur kesehatan global di Sekolah Kesehatan Masyarakat Saw Swee Hock di Universitas Nasional Singapura, semua upaya ini berkontribusi untuk menurunkan tingkat kematian di antara mereka yang terinfeksi.

“Rumah sakit di banyak negara di dunia tidak lagi kewalahan seperti di Wuhan atau Italia utara, misalnya. Terutama di negara berpenghasilan tinggi dengan sistem perawatan kesehatan yang baik, perawatan suportif dapat membantu mencegah kematian," tuturnya.

Untuk saat ini, Trump dan istrinya sudah mulai mengisolasi diri dan hanya bisa menunggu serta melihat apakah mereka mengalami gejala. Dokter Presiden, Sean Conley, mengatakan Trump dan Ibu Negara baik-baik saja saat ini.

Penelitian belum menunjukkan bahwa memulai antivirus atau terapi lain pada awal penyakit dapat mencegah perkembangan penyakit, tetapi pengetahuan tentang pengobatan infeksi dini masih berkembang, termasuk kapan dan bagaimana menggunakan obat seperti remdesivir.

"Pada titik di mana (Trump) sekarang dalam proses penyakit, tidak ada pengobatan," kata Russell.

Secara politis, juga, negara sekarang memasuki mode wait and see karena hasil Trump dan Melania menambah kekacauan lebih lanjut pada musim pemilihan yang sudah bergejolak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper