Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ekspor Mulai Pulih, Ekonomi Vietnam Diprediksi Tumbuh 2,62 Persen

Dilansir Bloomberg, Selasa (29/9/2020), produk domestik bruto naik 2,62 persen dari tahun sebelumnya. Sedangkan secara kuartalan, PDB naik 0,39 persen dibandingkan kuartal kedua 2020.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 29 September 2020  |  11:16 WIB
Pemandangan jalur layang kereta api di kota Hanoi, Vietnam -  Bloomberg/Maika Elan
Pemandangan jalur layang kereta api di kota Hanoi, Vietnam - Bloomberg/Maika Elan

Bisnis.com, JAKARTA - Pertumbuhan ekonomi Vietnam meningkat pada kuartal ketiga karena ekspor dan manufaktur mulai pulih dari kemerosotan yang disebabkan pandemi pada paruh pertama tahun ini.

Dilansir Bloomberg, Selasa (29/9/2020), produk domestik bruto naik 2,62 persen dari tahun sebelumnya. Sedangkan secara kuartalan, PDB naik 0,39 persen dibandingkan kuartal kedua 2020. Sementara itu, estimasi median dalam survei Bloomberg terhadap lima ekonom yakni pertumbuhan 2,7 persen pada kuartal ketiga tahun ini. 

Ekspor naik 4,2 persen dalam sembilan bulan pertama tahun ini dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019. Sedangkan impor turun 0,8 persen dalam periode tersebut. Adapun harga konsumen naik 2,98 persen pada September dari tahun sebelumnya.

Vietnam merupakan satu dari sedikit ekonomi di Kawasan Asia yang diperkirakan akan terhindar dari kontraksi tahun ini. Asian Development Bank (ADB) memperkirakan ekonomi Vietnam akan tumbuh 1,8 persen tahun ini dan 6,3 persen pada 2021.

Selain Vietnam, negara lain di kawasan Asia Tenggara yang diperkirakan akan tumbuh pada tahun ini yakni Myanmar (1,8 persen) dan Brunei Darussalam (1,4 persen). Adapun yang diprediksi terkontraksi paling dalam yakni Thailand (-8,0 persen) dan Filipina (-7,3 persen). Sedangkan Indonesia diprediksi terkontraksi 1 persen.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pertumbuhan Ekonomi vietnam

Sumber : Bloomberg

Editor : Ropesta Sitorus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top