Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

100 Dai dari Ormas Islam Ikuti Penguatan Kompetensi Penceramah Agama

Nantinya, Kementerian Agama akan menyelenggarakan penguatan kompetensi bagi 8.000 penceramah di tingkat daerah dan 200 di tingkat pusat.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 29 September 2020  |  20:15 WIB
Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag Juraidi memberikan laporan terkait program Penguatan Kompetensi Penceramah Agama Angkatan Pertama ini yang diikuti oleh 100 penceramah yang berasal dari berbagai ormas islam tingkat pusat, Selasa (29/9/2020) - Dok./Kemenag
Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag Juraidi memberikan laporan terkait program Penguatan Kompetensi Penceramah Agama Angkatan Pertama ini yang diikuti oleh 100 penceramah yang berasal dari berbagai ormas islam tingkat pusat, Selasa (29/9/2020) - Dok./Kemenag

Bisnis.com, JAKARTA - Penguatan kompetensi sebagai rangkaian sertifikasi penceramah agama yang diinisiasi oleh Kementerian Agama diikuti oleh 100 orang yang berasal dari berbagai ormas Islam pusat.

Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag Juraidi melaporkan, Penguatan Kompetensi Penceramah Agama Angkatan Pertama ini diikuti oleh 100 penceramah yang berasal dari berbagai ormas islam tingkat pusat.

"Selanjutnya akan disusul angkatan kedua dengan jumlah 100 peserta lagi. Dan kemudian akan dilakukan di daerah-daerah juga," jelas Juraidi, Selasa (29/9/2020).

Nantinya, akan ada 8.000 penceramah di tingkat daerah dan 200 di tingkat pusat.

Juraidi mengungkapkan, dalam Penguatan Kompetensi Penceramah Agama ini Kemenag juga menggandeng sejumlah narasumber.

Salah satunya adalah Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin yang akan menyampaikan materi tentang Arah Kebijakan Pembangunan Umat Beragama, Menteri Agama Periode 2014-2019 Lukman Hakim Saifuddin yang akan menyampaikan materi tentang Relasi Agama dan Budaya, serta Staf Ahli Menteri Agama Oman Fathurahman yang akan menyampaikan materi tentang Metode Dakwah Bagi Kelompok Milenial.

Kemenag juga melibatkan narasumber dari Lemhanas, BPIP, dan BNPT untuk memberikan wawasan terkini tentang kondisi bangsa Indonesia saat ini.

Kementerian Agama menggelar Penguatan Kompetensi Penceramah Agama Angkatan Pertama. Kegiatan yang berlangsung di Jakarta selama tiga hari mulai 29 September - 1 Oktober 2020 ini dibuka oleh Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi.

Program ini tercantum dalam Rencana Strategis (Renstra) Kemenag 2020-2024. Kualitas kehidupan umat beragama diharapkan dapat menjadi modal dalam pembangunan nasional.

"Dalam bahasa kekinian, diharapkan bahasa agama akan benar-benar semakin nyata dalam pembangunan nasional," imbuhnya.

Menurut Wamenag, untuk menghasilkan umat beragama yang berkualitas maka diperlukan penceramah agama yang mumpuni. "Yaitu mereka yang mampu berbicara dengan umat dengan bahasa mereka," tutur Wamenag.

Menurutnya, materi dakwah, akan dapat diterima dengan baik bila disampaikan dengan cara atau metode yang tepat oleh mereka yang memiliki wawasan keagamaan luas," sambung Wamenag.

Wamenag pun berharap, dengan penguatan kompetensi yang dilaksanakan Kemenag akan menghasilkan penceramah berwawasan keislaman moderat dan berkebangsaan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

islam kemenag
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top