Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

KTT G20 Digelar Secara Virtual 21-22 November Mendatang

Pertemuan virtual ini akan dipimpin oleh Arab Saudi sebagai tuan rumah KTT G20 tahun ini. Awalnya KTT akan digelar di Riyadh.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 28 September 2020  |  14:28 WIB
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz. - Antara
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Konferensi Tingkat Tinggi negara-negara G20 akan diselenggarakan secara virtual pada 21-22 November 2020 mendatang.

Menurut pernyataan dari situs resmi G20 yang dilansir Bloomberg, agenda konferensi tingkat tinggi (KTT) tahun ini akan fokus pada melindungi kehidupan dan memulihkan pertumbuhan ekonomi dengan menjangkau sektor-sektor yang palng rentan terkena dampak pandemi Covid-19.

Pertemuan virtual ini akan dipimpin oleh Arab Saudi sebagai tuan rumah KTT G20 tahun ini. Awalnya KTT akan digelar di Riyadh.

Arab Saudi awalnya tetap berupaya tuan rumah bagi pertemuan para pemimpin politik terpenting dunia ini, karena ini menjadi kesempatan untuk memulihkan reputasi Saudi setelah pembunuhan Jamal Khashoggi dua tahun lalu.

Namun pandemi virus corona telah menggagalkan jadwal pertemuan tahunan ini. Tidak hanya KTT G20, Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang biasanya dihadiri oleh 10.000 diplomat dan sejumlah pemimpin dunia ke Manhattan, AS, diadakan secara virtual awal bulan ini.

Seperti halnya PBB, tidak adanya pertemuan langsung G20 akan menghalangi pertemuan pribadi di antara para pemimpin dunia yang terkadang menawarkan harapan atas selesainya krisis.

Kepemimpinan Arab Saudi atas G20 akan berakhir pada akhir November. Italia akan mengambil alih sekretariat pada 1 Desember dan bertanggung jawab menjadi tuan rumah pertemuan para pemimpin dunia tahun depan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

arab saudi KTT G20
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top