Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jokowi: Pandemi Tak Hanya Menghantam Perkotaan, Tapi Juga Desa

Jokowi meminta momentum pandemi untuk mengintegrasikan dan mengkonsolidasikan program penanggulangan kemiskinan serta program peningkatan ekonomi desa.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 24 September 2020  |  12:02 WIB
Presiden Joko Widodo saat berbincang dengan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/7/2020). - Antara
Presiden Joko Widodo saat berbincang dengan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/7/2020). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya untuk solid dan terintegrasi dalam upaya penanganan dampak pandemi Covid-19. Menurut Presiden, dampak pandemi tidak hanya dirasakan masyarakat perkotaan tetapi juga di perdesaan.

"Pandemi menghantam tidak hanya maysarakat perkotaan tapi juga masyarakat desa. Ketika krisis ekonomi terjadi di perkotaan, desa jadi penyangga," ujarnya dalam konferensi pers, Kamis (24/9/2020).

Jokowi pun meminta agar pandemi Covid-19 ini menjadi momentum untuk memperbaiki dan mereformasi strategi besar dalam transformasi ekonomi desa.

Presiden menyatakan ada beberapa hal yang harus diperhatikan terkait transformasi ekonomi perdesaan.

Pertama, dalam jangka pendek, semua skema program yang berkaitan dengan jaring perlindungan sosial seperti Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan sosial tunai, dan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa, harus dipastikan tepat sasaran dan berjalan efektif sehingga diterima oleh masyarakat desa yang terdampak Covid-19 dan yang sangat membutuhkan.

Senada, pelaksanaan Program Padat Karya Tunai juga harus dikawal sehingga bisa mengurangi beban masyarakat desa yang kehilangan pekerjaan atau yang membutuhkan.

Kedua, Presiden meminta momentum pandemi untuk mengintegrasikan dan mengkonsolidasikan program penanggulangan kemiskinan serta program peningkatan ekonomi desa.

"Saya minta sama semua kementerian jangan membuat program sendiri yang lepas-lepas, tidak terintegrasi, dab tidak terpadu sehingga outcome-nya tidak terlihat. Ini harus terintegrasi betul," katanya.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT), sambungnya, harus memastikan Dana Desa digunakan secara produktif.

Kemudian Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyedikan infrastruktur dasar, Kementerian Perhubungan menyiapkan konektivitas, dan Kementerian Sosial menangani warga yang kurang mampu.

Adapun, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) berupaya meningkatkan sektor usaha kecil dan usaha mikro (UMKM).

Ketiga, momentum pandemi digunakan untuk memperkuat daya ungkit ekonomi desa.

Menurutnya, setiap desa perlu mengembangkan potensi lokalnya, baik yang berkaitan dengan pertanian yang, wisata maupun industri yang berada di desa.

"Saya kira kalau perkembangannya kelihatan, ini yang harus difasilitasi, diberikan akses permodalan, teknologi maupun skil atau keahlian," ujar Jokowi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi desa Virus Corona covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top