Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Penyebaran Covid-19 di Jatim Dominan dari Klaster Tempat Kerja

Satgas Penanganan Covid-19 mencatat sebanyak 31 klaster tempat kerja tercatat menjadi sumber persebaran Covid-19 di Jawa Timur.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 23 September 2020  |  15:45 WIB
Ilustrasi-Petugas medis memindahkan pasien ke ruang isolasi dalam simulasi penanganan pasien Covid-19 di Rumah Sakit Lavalette, Malang, Jawa Timur, Jumat (13/3/2020). - Antara/Ari Bowo Sucipto
Ilustrasi-Petugas medis memindahkan pasien ke ruang isolasi dalam simulasi penanganan pasien Covid-19 di Rumah Sakit Lavalette, Malang, Jawa Timur, Jumat (13/3/2020). - Antara/Ari Bowo Sucipto

Bisnis.com, JAKARTA - Data Satgas Penanganan Covid-19 mencatat klaster penyebaran virus Corona paling banyak muncul di tempat kerja seperti pabrik dan perkantoran di Jawa Timur.

Ketua Bidang Data dan Teknoloigi Informasi Satgas Penanganan Covid-19 Dewi Nur Aisyah mengatakan sebanyak 31 klaster tempat kerja tercatat menjadi sumber persebaran Covid-19 di Jawa Timur.

Terdapat 1.082 kasus positif dari klaster tersebut. Tidak kalah besar, klaster dari transmisi lokal atau pemukiman mencatatkan 44 klaster dengan jumlah 894 kasus positif.

"Bisa jadi tempatnya industri maka jumlah pekerjanya lebih besar. Mungkin satu tempat, tapi yang terinfeksi banyak," ujarnya saat webinar Covid-19 Dalam Angka: Ragam Klaster di Indonesia, Rabu (23/9/2020).

Tak kalah perlu jadi perhatian adalah klaster yang muncul dari pasar dan tempat pelelangan ikan (TPI). Terdapat 31 klaster dengan 254 kasus positif. 

Bahkan, terdapat dua klaster yang berasal dari kegiatan seminar dengan jumlah kasus mencapai 192. Dewi menyebutkan temuan tersebut terjadi pada awal pandemi.

"Di lapas dan rumah tahanan ada beberapa klaster dan kasus. Ini juga kita harus hati-hati. Berarti yang menjenguk harus dipastikan sehat. Potensi penularan tinghi di sana ketika yang ada yang sudah terinfeksi," jelasnya.

Hingga 22 September 2020, jumlah kasus positif Covid-19 mencapai 41.417 dengan tambahan kasus pada Selasa mencapai 341 orang.

Sebanyak 3.015 orang telah meninggal akibat Covid-19 di Jawa Timur.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jawa timur Virus Corona covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top