Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jokowi: Pandemi Covid-19 Timbulkan Kecemasan dan Ketakutan Luar Biasa

Di tengah kondisi itu, tegas Presiden Jokowi, dibutuhkan suatu upaya bersama agar bisa tangguh menghadapi berbagai tantangan itu.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 18 September 2020  |  20:26 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan dalam acara Peresmian Pembukaan Konferensi Besar XXIII Gerakan Pemuda Ansor Tahun 2020, Jumat, 18 September 2020 / Youtube Setpres
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan dalam acara Peresmian Pembukaan Konferensi Besar XXIII Gerakan Pemuda Ansor Tahun 2020, Jumat, 18 September 2020 / Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pandemi virus Corona (Covid-19) menjadi ujian terberat yang dihadapi umat manusia saat ini, termasuk di Indonesia.

"Ini menimbulkan kecemasan dan ketakutan yang luar biasa berdampak langsung pada kesehatan dan keselamatan manusia juga di bidang ekonomi dan sosial," kata Jokowi saat menyampaikan sambutan secara virtual pada acara Konferensi Besar ke-23 GP Ansor, Jumat (18/9/2020).

Presiden menyampaikan virus tersebut sudah menjangkiti jutaan manusia di seluruh dunia. Berdasarkan laporan yang diterimanya pagi ini, ada 30,29 juta orang yang terpapar virus Corona.

"Dan ratusan ribu telah meninggal dunia. Tepatnya 949.000 orang meninggal karena Covid-19," kata Jokowi.

Kondisi ini, jelas dia, pun berdampak signifikan pada suplai barang dan jasa dan pada akhirnya menghambat pertumbuhan ekonomi. Apalagi, pandemi ini membuat jutaan orang kehilangan pekerjaan di berbagai belahan dunia.

Di tengah kondisi itu, jelas dia, dibutuhkan suatu upaya bersama agar bisa tangguh menghadapi berbagai tantangan itu.

"Dukungan sosial berubah dan berbagai dampak-dampak yang lainnya. Dalam situasi seperti ini ketangguhan kita sebagai sebuah bangsa benar-benar diuji. Kita harus satu barisan, harus satu frekuensi, harus satu semangat karena kita perlu kerja keras," tegasnya.

Presiden pun meminta Gerakan Pemuda (GP) Ansor merapatkan barisan dan menyatukan frekuensi untuk berikhtiar menekan penularan virus Corona dan mengatasi segala dampak yang menyertai.

“Ikhtiar dengan sungguh-sungguh, baik ikhtiar dhohir maupun batin,” kata Presiden.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi gp ansor Virus Corona covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top