Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Awas! Makan di Restoran Bisa Tingkatkan Risiko Terpapar Corona

Laporan dari CDC AS menyimpulkan bahwa pergi ke tempat-tempat yang menawarkan makan atau minum di tempat mungkin menjadi faktor risiko penting untuk tertular Covid-19.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 15 September 2020  |  16:55 WIB
Restoran menggunakan manekin yang diletakkan di kursi untuk menciptakan jaga jarak saat makan, sekaligus sebagai display jualan baju. - Antara
Restoran menggunakan manekin yang diletakkan di kursi untuk menciptakan jaga jarak saat makan, sekaligus sebagai display jualan baju. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Satu penelitian selama sebulan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menemukan bahwa peserta penelitian yang dites positif Covid-19 menunjukkan dua kali lebih sering makan di restoran dalam waktu dua minggu terakhir daripada mereka yang dites negatif.

Temuan tersebut diperoleh dari hasil penelitian atas 314 pasien rawat jalan yang punya gejala akibat aktivitas pribadi mereka setelah mereka melakukan pemeriksaan kesehatan di 11 fasilitas perawatan kesehatan AS selama bulan Juli.

Penelitian itu mencakup 154 peserta yang dites positif terkena virus dan 160 peserta kontrol yang dites negatif.

Laporan tersebut menyimpulkan bahwa pergi ke tempat-tempat yang menawarkan makan atau minum di tempat mungkin menjadi faktor risiko penting untuk tertular Covid-19.

“Saat komunitas dibuka kembali, upaya untuk mengurangi kemungkinan eksposur di lokasi yang menawarkan pilihan makan dan minum di tempat harus dipertimbangkan untuk melindungi pelanggan, karyawan, dan komunitas,” menurut laporan CDC.

Laporan tersebut tidak menemukan perbedaan yang signifikan dalam tingkat positif pada pasien yang berpartisipasi dalam aktivitas selain makan di restoran. Kegiatan itu seperti berbelanja, pergi ke gym atau kantor atau menggunakan transportasi umum.

"Masker tidak dapat dipakai secara efektif saat makan dan minum, sedangkan berbelanja dan banyak aktivitas dalam ruangan lainnya tidak menghalangi penggunaan masker," menurut CDC seperti dikutip TheHuffingtonPost.com, Selasa (15/9/2020).

Laporan CDC juga mencatat bahwa ada laporan penyebaran virus di restoran terkait dengan sirkulasi udara, meskipun peserta tidak ditanyai sebagai bagian dari survei apakah mereka makan di dalam atau di luar ruangan.

Sekalipun masker dipakai dan tindakan menjaga jarak sosial diterapkan, CDC memperingatkan bahwa aliran udara dapat mempengaruhi penularan virus.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

restoran Virus Corona covid-19

Sumber : thehuffingtonpost.com

Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top