Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Yoshihide Suga Diprediksi Menang Pemilihan di Partai Berkuasa Jepang Hari Ini

Anggota parlemen LDP dari kedua majelis akan memberikan suara mulai pukul 2 siang di hotel Tokyo.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 14 September 2020  |  10:00 WIB
Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga menjadi salah satu calon kuat untuk penganti Shinzo Abe - Bloomberg
Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga menjadi salah satu calon kuat untuk penganti Shinzo Abe - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga kemungkinan besar akan memenangkan pemilihan di Partai Demokrat Liberal atau LDP hari ini.

Lembaga Penyiaran Publik NHK mengutip surveinya menyatakan Suga yang telah menjadi tangan kanan Perdana Menteri Shinzo Abe, kemungkinan akan memenangkan setidaknya 52 dari 141 suara yang dialokasikan untuk cabang partai regional, dan sekitar 70 persen dari 394 suara yang dialokasikan untuk anggota parlemen partai.

Hasil itu akan memberinya lebih dari 60 persen dari 535 suara untuk diperebutkan dan mayoritas langsung dalam perebutan kursi perdana menteri yang juga melibatkan mantan Menteri Pertahanan Shigeru Ishiba dan mantan Menteri Luar Negeri Fumio Kishida.

Anggota parlemen LDP dari kedua majelis akan memberikan suara mulai pukul 2 siang di hotel Tokyo. LDP, yang telah berada di pemerintahan hampir terus menerus sejak 1955, akan menggunakan mayoritasnya di parlemen untuk memilih Suga pada Rabu pekan ini sebagai perdana menteri baru untuk menggantikan Abe.

Sementara itu, Menteri Keuangan Taro Aso memicu spekulasi tentang pemilihan awal dengan mengatakan hal itu bisa terjadi segera untuk melegitimasi pemerintahan baru.

Meski Suga berulang kali mengatakan bahwa publik tidak menginginkan pemilu selama pandemi, lonjakan dukungan untuk kabinet memunculkan gagasan bahwa perdana menteri baru akan segera dipilih.

Suga telah berjanji untuk melanjutkan kebijakan moneter Abe yang dijuluki Abenomics. Dia menambahkan bahwa lebih banyak yang harus dilakukan pada kebijakan moneter untuk melindungi pekerjaan dan perusahaan selama krisis saat ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang shinzo abe
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top