Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Sekolah Partai, Calon Kepala Daerah PDIP Dicekoki Materi Pancasila hingga Antikorupsi

Sekolah Partai Calon Kepala Daerah (Cakada) PDIP gelombang ketiga diikuti oleh 212 peserta dari berbagai kalangan internal partai dan nonpartai. Dalam sekolah partai berlambang banteng itu, peserta mendapatkan materi implementasi Pancasila hingga antikorupsi.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 13 September 2020  |  22:26 WIB
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri memberikan instruksi kepada para calon kepala daerah yang diusung oleh partainya, termasuk yang bukan kader partai, untuk melaksanakan sejumlah kebijakan khusus dalam menghadapi pandemi covid-19.  - semartara.news/pdiperjuangan.id
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri memberikan instruksi kepada para calon kepala daerah yang diusung oleh partainya, termasuk yang bukan kader partai, untuk melaksanakan sejumlah kebijakan khusus dalam menghadapi pandemi covid-19. - semartara.news/pdiperjuangan.id

Bisnis.com, JAKARTA - Sekolah Partai Calon Kepala Daerah (Cakada) PDIP gelombang ketiga diikuti oleh 212 peserta dari berbagai kalangan internal partai dan nonpartai. Dalam sekolah partai berlambang banteng itu, peserta mendapatkan materi implementasi Pancasila hingga antikorupsi. 

Ketua DPP PDIP Bidang Ideologi Djarot Saiful Hidayat mengatakan hal tersebut saat melaporkan kegiatan Sekolah Partai ini kepada Ketua Umum Megawati Soekarnoputri yang hadir secara virtual, Minggu (13/9/2020). Peserta Sekolah Partai, tambah Djarot, berjumlah 212 orang. 

"Rincian tingkat pendidikan dari seluruh peserta terdiri dari S3 sebanyak 20 orang, S2 sebanyak 90 orang, S1 80 orang dan SMA sebanyak 17 orang," kata Djarot.

Dia memaparkan terdapat sejumlah peserta sekolah partai yang merupakan petahana di Pilkada 2020. Rinciannya adalah dua gubernur, 22 bupati, 20 wakil bupati, dua wali kota, dan empat wakil wali kota.

Dia memaparkan pelaksanaan sekolah partai Gelombang III inj akan dilaksanakan selama 3 hari. Pihaknya bakal memfokuskan pada beberapa materi yang terdiri dari ideologi Pancasila dan implementasinya dalam kebijakan dan program pembangunan daerah.

"Perumusan visi dan misi kepala daerah agar visi dan misi tersebut benar-benar selaras dengan visi-misi negara Indonesia dan visi-misi presiden," ujarnya.

Lalu, lanjut eks Gubernur DKI Jakarta ini menjelaskan pihaknya juga bakal menyampaikan materi tentang pengelolaan tata daerah yang baik dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN). Dilanjutkan dengan materi tentang program peningkatan kualitas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. 

"Serta best practice testimoni dari kepala daerah yang berhasil yakni diwakili oleh Kota Surabaya, Kota Semarang dan Kabupaten Tabanan," tambah Djarot. 

Djarot mengatakan, Sekolah Partai gelombang pertama dan kedua telah memilih peserta terbaik. Kedua gelombang tersebut telah menunjuk perempuan sebagai pemenangnya.

"Kami berharap peserta terbaiknya angkatan ketiga juga perempuan, inilah kebangkitan perempuan yang diusung oleh PDI Perjuangan," tambah Djarot.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pdip pancasila kepala daerah Sekolah Partai
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top