Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kisruh Akuisisi TikTok di AS Makin Runyam

Analis dan bankir memperkirakan bisnis TikTok di AS bernilai setidaknya US$ 20 miliar, meskipun harganya akan sangat bervariasi tergantung pada apa yang disertakan dengan penjualan.
Logo TikTok/Bloomberg/Lam Yik
Logo TikTok/Bloomberg/Lam Yik

Bisnis.com, JAKARTA  - ByteDance Ltd. kemungkinan besar akan melewatkan tenggat waktu administrasi yang diberikan oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk penjualan operasi TikTok di AS. Pasalnya peraturan baru China mempersulit negosiasi dengan penawar Microsoft Corp dan Oracle Corp.

Dilansir dari Bloomberg, Kamis (10/9/2020), dalam pembicaraan awal dengan para pejabat China, ByteDance telah diberitahu bahwa proposal apa pun harus diajukan untuk mendapatkan persetujuan dengan informasi terperinci tentang masalah teknis dan keuangan. Peninjauan tersebut dinilai dapat memakan waktu.

Kendati begitu, para pejabat belum bersedia memberikan panduan khusus tentang kesepakatan seperti apa yang akan berhasil.

Microsoft dan Oracle, yang telah mengajukan penawaran sebelum peraturan China diberlakukan, keduanya terus tertarik untuk membeli aplikasi video populer itu di AS.

Para penawar telah meminta ByteDance untuk mendapatkan kejelasan sebanyak mungkin dari Beijing tentang peraturan baru, yang melarang ekspor teknologi kecerdasan buatan tertentu yang digunakan TikTok.

Adapun,para pihak terkait masih berlomba untuk mengajukan kesepakatan awal ke Gedung Putih sebelum batas waktu bulan ini. Padahal, tidak ada kesepakatan yang bisa diselesaikan sebelum penandatanganan dari China.

Mungkin juga ByteDance menarik diri dari penjualan jika ditentukan tidak dapat memuaskan pemerintah, penawar, dan pemegang sahamnya sendiri. Kendati begitu, perwakilan dari perusahaan belum memberikan komentar.

Pendiri ByteDance, Zhang Yiming, telah terperangkap dalam bentrokan antara dua kekuatan utama dunia. Pengusaha serial tersebut enggan melepaskan TikTok A.S. sejak awal karena dia melihat bisnis tersebut sebagai pesaing jangka panjang yang layak bagi Facebook Inc. dan Google.

Dia berada di bawah tekanan untuk menyerahkan kendali ketika pemerintahan Trump mengatakan akan melarang aplikasi TikTok. Selain itu, investor ventura sendiri mendesak penjualan untuk menyelamatkan beberapa nilai dari operasi.

Kepala ByteDance Mempertimbangkan Opsi TikTok Setelah Aturan China Baru.

Di lain pihak, Pemerintahan  Trump terpecah tentang apakah akan memberi ByteDance lebih banyak waktu atau hanya melanjutkan larangan.

Trump sendiri menyebut aplikasi tersebut sebagai risiko keamanan nasional, hingga mengeluarkan perintah eksekutif untuk melarang layanan tersebut bulan ini.

Trump juga menyetujui keputusan terpisah oleh Komite Investasi Asing di Amerika Serikat, atau CFIUS, untuk memaksa penjualan pada pertengahan November 2020.

ByteDance telah menggugat AS untuk memblokir larangan perintah eksekutif, dengan alasan bahwa menghentikan bisnis tanpa pemberitahuan dan kesempatan yang adil untuk merespons akan menghilangkan hak proses hukumnya yang melanggar Konstitusi.

Perusahaan yang berbasis di Beijing itu juga membantah bahwa aplikasinya mewakili ancaman keamanan dan mengatakan tidak ada data dari pengguna Amerika yang dibagikan dengan China.

Dalam negosiasi awal tahun ini, ByteDance telah berusaha untuk melakukan penjualan yang akan memungkinkannya mempertahankan minat substansial dalam operasi Amerika, tetapi pemerintahan Trump telah menolak gagasan itu.Zhang dinilai masih menginginkan bagian kecil dari operasi tersebut,

Namun Microsoft dan mitranya Walmart Inc., menginginkan kepemilikan penuh atas bisnis tersebut, sementara sikap Oracle tidak jelas.

Analis dan bankir memperkirakan bisnis TikTok di AS bernilai setidaknya US$ 20 miliar, meskipun harganya akan sangat bervariasi tergantung pada apa yang disertakan dengan penjualan.

Tanpa diskusi atau pengumuman publik apapun, China memposting pemberitahuan tentang pembatasan baru pada ekspor teknologi kecerdasan buatan, termasuk pengenalan ucapan dan teknik untuk mempersonalisasi konten.

Tujuan aturan tidak selalu untuk memblokir penjualan operasi AS, tetapi untuk memastikan Beijing terlibat secara aktif dan memperlambat prosesnya.

Algoritma TikTok dinilai bukanlah masalah besar bagi para penawar. Baik Microsoft dan Oracle memiliki kemampuan teknis untuk membangun algoritma mereka sendiri dan akan mendapatkan data untuk menyempurnakannya.

Tim pengatur ByteDance dan negosiator kesepakatan telah membahas apakah masih mungkin untuk melakukan penjualan.

Selain itu, Zhang dinilai masih pada posisi yang kuat. ByteDance yang dimiliki secara pribadi sudah bernilai US$ 140 miliar, menurut pelacak startup CB Insights. Perusahaan itu juga disebutkan telah menghasilkan lebih dari US$ 3 miliar laba bersih dengan lebih dari US$ 17 miliar pendapatan pada 2019.

Bankir telah mulai mendorong tim Zhang untuk go public di China atau Hong Kong, bahkan di tengah pengawasan yang meningkat di AS. Apalagi permintaan penawaran umum perdana dari perusahaan teknologi di pasar melonjak.

Zhang berdiri untuk menghasilkan miliaran tidak peduli apa yang terjadi dengan Trump dan TikTok AS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper