Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

DKI PSBB, KPK: Penanganan Kasus Korupsi Tetap Berjalan

KPK akan tetap menangani perkara korupsi meski DKI Jakarta akan mulai menerapkan PSBB mulai 14 September 2020.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 10 September 2020  |  13:07 WIB
Plt. Juru Bicara KPK Ali Fikri / Antara
Plt. Juru Bicara KPK Ali Fikri / Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal tetap mengusut kasus korupsi meski Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan kembali Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara total.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan langkah itu diambil karena penindakan berhubungan dengan penyelesaian berkas perkara yang memiliki batas waktu sesuai aturan perundang-undangan.

"Khusus untuk penanganan perkara yang memang menurut ketentuan UU ada batasan waktunya tentu akan tetap segera diselesaikan dengan protokol kesehatan ketat baik itu terhadap saksi dan tersangka yang diperiksa maupun para penyidik KPK," kata Ali dalam keterangannya, Kamis (10/9/2020).

Diketahui, lembaga antirasuah memiliki batas waktu 120 hari untuk melakukan penahanan terhadap seorang tersangka korupsi sebagaimana diatur dalam dalam KUHAP di Pasal 24, Pasal 25, dan Pasal 29.

Lebih lanjut Ali mengatakan, KPK tetap menerapkan sistem 50 persen pegawai bekerja dari kantor atau work from office (WFO) meski sektor perkantoran yang ada di Jakarta terdampak aturan PSBB.

"Sistem dan jam kerja di lingkungan KPK saat ini masih berlaku sebagaimana Surat Edaran Pimpinan KPK yang terakhir setelah beberapa pegawai terpapar Covid-19 beberapa waktu yang lalu yaitu kehadiran fisik proporsi kehadiran fisik 50 persen," ujar Ali.

Dia merinci jam bekerja pegawai KPK yang bekerja di kantor adalah 8 jam. Adapun, ketentuan jam kerja itu adalah Senin sampai Kamis, shift I pukul 08.00 WIB sampai 17.00 WIB dan shift II pukul 12.00 WIB sampai 20.00 WIB. Sedangkan Jumat, shift I pukul 08.00 WIB sampai 17.30 WIB dan shift II pukul 11.00 WIB sampai 20.30 WIB.

"Berikutnya, tentu nantinya akan disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku yang menurut informasinya Jakarta akan kembali diberlakukan PSBB," ungkap Ali.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

KPK korupsi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top