Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Elnusa Petrofin Raih Penghargaan Anugerah Inovasi Indonesia 2020

Penghargaan ini diberikan pada perusahaan-perusahaan yang telah menunjukkan suatu inisiatif inovasi yang unggul, dalam arti berdampak luas, berkelanjutan, dan memiliki kebaruan tinggi. 
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 04 September 2020  |  21:04 WIB
Elnusa Petrofin Raih Penghargaan Anugerah Inovasi Indonesia 2020
Elnusa Petrofin Raih Penghargaan Anugerah Inovasi Indonesia 2020

Bisnis.com, JAKARTA - Elnusa Petrofin mendapatkan penghargaan Anugerah Inovasi Indonesia 2020 Kategori Produk dan Model Bisnis untuk inovasi FIN OSD dari IDX Channel.

Penghargaan ini diberikan pada perusahaan-perusahaan yang telah menunjukkan suatu inisiatif inovasi yang unggul, dalam arti berdampak luas, berkelanjutan, dan memiliki kebaruan tinggi. 

Keunggulan yang dimiliki oleh FIN OSD yakni merupakan produk Oil Spill Dispersant (OSD) berbahan dasar nabati yang seluruh elemen serta proses produksinya dijalankan seluruhnya di Indonesia. Produk ini berasal dari material non ionik surfaktan yang bisa digunakan sebagai Oil Spill Dispersant. Material ini terbuat dari turunan minyak kelapa sawit yang merupakan bahan melimpah dinegeri ini. FIN OSD disintesis dan diproduksi secara mandiri di sarana dan fasilitas Elnusa Petrofin.

Berdasarkan hasil uji FIN OSD dapat digunakan untuk mengatasi tumpahan berbagai jenis minyak seperti minyak mentah hingga seluruh minyak hasil olahan (gasoline). Selain itu bahan ini dapat digunakan sebagai surfaktan dalam proses Bioremediasi untuk mengatasi tumpahan di darat dan laut. FIN OSD merupakan material berbahan dasar air yg memiliki pH 7-9 dan bersifat tidak korosif. Material ini bersifat ramah lingkungan karena biodegradable, tidak toksik dan tidak menyebabkan bioakumulasi pada sel organisme.

Produk FIN OSD yang merupakan kreasi dan temuan dari putra putri pekerja Elnusa Petrofin ini juga telah meraih berbagai penghargaan bergengsi antara lain Pemenang kategori Platinum PC Prove, Best PC Prove dan  Best Innovation dalam ajang CIP (Continuous Improvement Program) Award Forum Hulu Pertamina (persero) 2019, Pemenang kategori Platinum dalam Elnusa CIP Award 2019, Pemenang kategori Gold APQA Pertamina (persero) 2020. Dalam penghargaan Anugerah Inovasi Award, produk FIN OSD dinilai unggul dalam mengatasi tumpahan minyak khususnya dipermukaan air serta ramah lingkungan oleh dewan juri yang diketuai oleh Dr -Ing Ilham A Habibie, MBA berdasarkan 4 kriteria yaitu besarnya dampak inovasi, kelayakan inovasi, keberlanjutan inovasi, dan kebaharuan.

Haris Syahrudin Direktur Utama PT Elnusa Petrofin mengatakan bahwa dia selalu mendorong seluruh Insan Elnusa Petrofin untuk menciptakan inovasi-inovasi baru dalam berbagai bidang.

“Kami selalu mengedepankan inovasi yang bukan hanya dapat memberikan sumbangsih bagi perusahaan, namun juga memiliki nilai tambah bagi lingkungan dan masyarakat” ujarnya dalam siaran persnya.

Selain itu penghargaan ini juga merupakan pembuktian akan kompetensi Elnusa Petrofin khususnya dalam Inovasi di bidang Chemical.

Sementara itu Dr-Ing Ilham A Habibie, MBA Ketua Pelaksana Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional Republik Indonesia, sekaligus Dewan Juri Kehormatan IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2020 menekankan pentingnya inovasi.

“Dunia sedang berubah dan kita tidak bisa hanya berkompetisi melalui harga, siapa yang paling membuat dengan harga lebih murah yang menang kompetisi, karena mindset ini lebih ke masa lampau. Jadi kita bukan lagi negara yang murah, kita harus mengikuti kompetisi dengan nilai tambah yang lebih, yang hanya bisa kita gapai melalui inovasi” tutupnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penghargaan elnusa
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top