Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Korsel Mulai Rakit Purwarupa Jet Tempur KF-X, Ada Andil Indonesia

Pada 2016, Kementerian Pertahanan Indonesia menandatangani kesepakatan dengan KAI untuk bersama-sama mengembangkan jet tempur domestik KF-X.
Zufrizal
Zufrizal - Bisnis.com 04 September 2020  |  19:39 WIB
Perakitan jet tempur di Korsel. - Istimewa/www.airforce/technology.com
Perakitan jet tempur di Korsel. - Istimewa/www.airforce/technology.com

Bisnis.com, JAKARTA — Korea Selatan dilaporkan telah memulai perakitan purwarupa pertama dari jet tempur multiperan Korean Fighter Experimental (KF-X).

Kantor berita Yonhap seperti dikutip dari www.airforce-technology.com melaporkan bahwa badan pengadaan senjata negara, Defense Acquisition Program Administration (DAPA), mengatakan hal itu menjadi tonggak penting dalam proyek tersebut.

Proyek KF-X bernilai 8,80 triliun won (US$7,30 miliar). DAPA memilih Korea Aerospace Industries (KIA) untuk melaksanakan proyek domestik KF-X.

KAI yang terpilih sebagai penawar pilihan untuk proyek tersebut pada tahun 2015, memulai perakitan setelah desainnya dikonfirmasi. Perakitan dilakukan di Sacheon.

Purwarupa KF-X pertama dijadwalkan diluncurkan tahun depan, sedangkan pesawat produksi pertama diharapkan dikirim pada 2026.

Jet tempur terbaru tersebut diharapkan untuk menggantikan armada sebelumnya milik Angkatan Udara Korea Selatan yakni F-4D/E Phantom II dan F-5E/F Tiger II.

Bulan lalu, Korea Selatan mengembangkan prototipe sistem radar active electronically scanned array (AESA) untuk KF-X.

Pada Oktober tahun lalu, tinjauan desain kritis dari sistem tenaga dan kontrol pesawat tempur multiperan canggih KF-X/IF-X yang sedang dikembangkan untuk angkatan udara Korea Selatan dan Indonesia telah diselesaikan.

Pada 2016, Kementerian Pertahanan Indonesia menandatangani kesepakatan dengan KAI untuk bersama-sama mengembangkan jet tempur domestik KF-X.

KF-X dirancang untuk terbang dengan kecepatan maksimum 1,81 Mach dan jangkauan terbangnya dapat mencapai 2.900 km.

Menurut KAI, jet tersebut akan memiliki muatan maksimum 7.700 kg dan akan mampu menampung sepuluh tempat untuk peluru kendali dan bahan bakar. Pesawat juga mampu membawa banyak jenis rudal udara ke udara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

korsel pertahanan jet tempur
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top