Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Soal Penangangan Covid-19, AS dan Inggris di Peringkat Terbawah

Amerika Serikat menduduki peringkat terakhir atau jauh di antara lebih dari 12 negara yang ditanyai apakah bangsa mereka sekarang lebih bersatu daripada sebelum pandemiCovid-19.
Papan iklan besar berisi pemberitahuan tentang virus corona terpampang di jalanan Hanoi, Vietnam, Jumat (29/5/2020)./Bloomberg-Maika Elan
Papan iklan besar berisi pemberitahuan tentang virus corona terpampang di jalanan Hanoi, Vietnam, Jumat (29/5/2020)./Bloomberg-Maika Elan

Bisnis.com, JAKARTA – Amerika Serikat (AS) dan Inggris berada di peringkat terbawah dalam peringkat penanganan pemerintah terhadap pandemi Virus Corona baru penyebab wabah Covid-19.

Amerika Serikat menduduki peringkat terakhir atau jauh di antara lebih dari 12 negara yang ditanyai apakah bangsa mereka sekarang lebih bersatu daripada sebelum pandemiCovid-19, menurut sebuah survei yang dirilis kemarin seperti dikutip CNN.com, Jumat (28/8/2020).

Warga AS berada juga di  tempat terakhir bersama  Inggris tentang apakah negara mereka telah menangani pandemi dengan baik, menurut hasil jajak pendapat yang dilakukan lembaga survei Pew Research Center (Pew).

Di Amerika Serikat, kurang dari dua dari sepuluh atau 18 persen yang mengatakan bahwa negara mereka sekarang lebih bersatu.

Angka itu berarti 21 poin persentase penuh di bawah negara dengan peringkat terendah berikutnya, Jerman dan Prancis. Di kedua negara hanya  di bawah empat dari 10 (39 persen) responden yang menyatakan pendapat itu.

Denmark memiliki persentase tertinggi yang mengatakan negara mereka lebih bersatu sekarang, dengan lebih dari tujuh dari 10 (72 persen) memberikan jawaban itu.

Survei tersebut juga menemukan ada kesenjangan besar antara pandangan kalangan Republik dan Demokrat tentang apakah pemerintahan Trump telah menangani pandemi dengan baik.

Tiga perempat (76 persen) dari Partai Republik dan independen yang condong ke Republik mengatakan pemerintah telah melakukan pekerjaan dengan baik. Sedangkan kalangan Demokrat yang sependapat hanya seperempat (25 persen).

Temuan tersebut berasal dari survei Pew Research Center terhadap 14 negara maju di Amerika Utara, Eropa, dan Asia. Lembaga pemikir yang berbasis di Washington, DC itu mewawancarai 14.276 orang dewasa melalui telepon dari 10 Juni hingga 3 Agustus lalu.

Masih menurut survei, mayoritas orang di 14 negara mengatakan negara mereka sendiri telah menangani Covid-19 dengan baik: 73 persen setuju, sementara 27 persen tidak setuju.

Namun, di Inggris Raya dan Amerika Serikat, angkanya jauh lebih rendah: masing-masing hanya 46 persen dan 47 persen. Hanya dua negara yang minoritas warganya mengatakan bahwa pemerintahnya telah berhasil dengan baik.

Adapun di setiap negara lain yang disurvei, kebanyakan orang mengatakan pemerintah mereka telah berhasil, di Jepang 55 persen hingga Denmark dengan angka 95 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper